Blangpidie (Antaranews Aceh) - Petugas pemadam kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berhasil memadamkan titik api yang membakar di lahan perkebunan masyarakat di kawasan pengunungan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Kepala BPBD Abdya, Amiruddin di Blangpidie, Rabu mengatakan, titik api yang berhasil dipadamkan oleh petugas dengan menggunakan dua unit armada pemadam kebakaran tersebut berada di kawasan Gunung Alue Keubeu, Desa Baharu, Kecamatan Blangpidie.

"Kejadiannya tadi siang sekitar pukul 14.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, namun dua hektare lahan perkebunan masyarakat ludes terbakar. Api berhasil dipadamkan setelah dua jam kemudian, yakni pada pukul 17.00 WIB setelah dua unit mobil pemadam diturunkan," ujarnya.

Amiruddin menjelaskan, peristiwa kebakaran lahan masyarakat tersebut diketahui petugas pemadam setelah seorang masyarakat datang ke pos induk bencana yang berada di belakang kantor BPBD di Desa Geulumpang Payong, Blangpidie.

Setelah mendapat laporan, lanjut dia, petugas bencana bersama mobil pemadam langsung bergegas menuju pegunungan yang berjarak sekitar 2 kilometer dari Desa Baharu, Kecamatan Blangpidie untuk melakukan penyiraman ataupun pemadaman. "Setelah api padam, kami lihat ratusan tanaman seperti pohon durian, jengkol, dan kopi milik masyarakat hangus terbakar. Jadi, kerugiannya belum bisa kita tafsirkan. Begitu juga dengan asal timbulnya titik api masih dalam tahap penyelidikan," demikian Amiruddin.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018