Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta pengelolaan Terminal Bus Tipe A Kota Banda Aceh dikembalikan kepada pemerintah kota (pemkot) setempat.

"Kalau pengelolaannya dikembalikan kepada Pemerintah Kota Banda Aceh, saya pikir akan mudah dalam pemantauan dan pemeliharaan," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Rabu.

Selama ini, Terminal Bus Kota Banda Aceh dikelola pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan karena terminal yang berada di kawasan Batoh, Banda Aceh, tersebut memiliki tipe A.

Sebelumnya, Wali Kota Banda Aceh Aminullah mendampingi Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengunjungi dan melihat langsung kondisi Terminal Bus Tipe A Kota Banda Aceh. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau sejumlah proyek-proyek yang dibangun dengan dana APBN. 

Baca juga: Wali Kota imbau warga tidak rayakan valentine

Dalam kunjungan tersebut Wakil Gubernur dan Wali Kota Banda Aceh mengecek sejumlah fasilitas terminal seperti toilet, pusat informasi, loket pembelian tiket dan fasilitas lainnya.

Kepada Wakil Gubernur, Aminullah menyarankan terminal juga memiliki fasilitas parkir yang lebih luas sebab akan memudahkan wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Aceh dengan dengan jumlah bus yang banyak menitipkan angkutannya di terminal tersebut.

"Seperti beberapa waktu lalu, ada wisatawan domestik sebanyak 500 orang datang berzikir ke Banda Aceh. Mereka datang menggunakan 12 bus ukuran besar. Yang seperti ini, mungkin bisa difasilitasi mereka parkir di sini," ungkap Wali Kota.

Begitu juga dengan fasilitas disabilitas, lanjut dia, terminal tersebut juga harus ramah terhadap penyandang disabilitas agar mereka mudah mengakses layanan.

"Kami juga menyarankan terminal tersebut diberi nama. Sarannya, nama yang akan diberi nanti bernuansa Islami yang sesuai dengan Aceh yang menerapkan syariat Islam," ungkap Aminullah Usman. 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018