Subulussalam (Antaranews Aceh) - Wali Kota Subulussalam, Provinsi Aceh, Merah Sakti melayangkan surat terbuka ke Presiden Joko Widodo terkait kondisi jalan nasional dari daerahnya menuju Sumatera Utara yang sudah bertahun-tahun rusak parah namun tak kunjung diperbaiki.

"Surat terbuka secara tertulis itu dikirimkan langsung via pos tercepat untuk langsung disampaikan ke Presiden Joko Widodo sehubungan dengan banyaknya laporan keluhan masyarakat yang disampaikan," kata Merah Sakti melalui Kabag Humas Setdako Subulussalam Hamdansyah kepada wartawan di Subulussalam, Kamis.

Ruas jalan Subulussalam, Aceh - Sumut adalah ruas jalan yang terdekat dari daerahnya, merupakan ruas utama yang menghubungkan Provinsi Aceh dengan Provinsi Sumut.

"Kerusakan jalan nasional lintas Subulussalam - Sumut, terutama pada daerah Kabupaten Pak Pak Bharat, Provinsi Sumatera Utara," jelasnya.

Dikatakan, ada delapan kabupaten/kota di Aceh yang acap melintasi jalan rusak parah itu, ketika hendak menuju Medan, Sumut, yakni Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Simeuleu dan Pemko Subulussalam.

Tak heran ke delapan kabupaten tersebut sangat bergantung kepada Sumut dari sisi ekonomi, sentra metropolitan dan sisi pendidikan sebagian masyarakat Aceh menempuh pendidikan perguruan tinggi di Medan.

"Kondisi kerusakan jalan sudah sangat parah, berlobang besar pada banyak tempat, di samping terdapat lubang sedang dan kecil tersebar puluhan kilometer jalan," kata Hamdansyah.

Sebuah Truk melintasi jalan lintas nasional yang rusak parah di kawasan Pak Pak Bharat, Kamis (15/2/2018). (Antara Aceh/Khairuman)
Dalam kondisi hujan, sambungnya, lubang tersebut tertutup air, sehingga sulit memperkirakan kedalaman lubang yang mengakibatkan beberapa kenderaan terperangkap dalam lubang yang besar.

Dalam dua tahun terakhir ini, tidak terlihat upaya perbaikan ataupun pemeliharaan kondisi jalan dari kantor Balai jalan nasional atau Satker/PPK terhadap jalan tersebut. Kondisi ini terkesan dibiarkan tanpa penanganan sama sekali.

Kemudian, mengingat bahwa jalan lintas Subulussalam, Aceh - Medan, merupakan ruas jalan nasional, maka dimohon bantuan Presiden Jokowi untuk dapat memperhatikan kondisi ruas jalan itu.

Perbaikan kerusakan jalan ini, akan menghasilkan keamanan dan kenyamanan berlalu lintas, mencegah terjadinya kecelakaan, serta menghemat waktu tempuh dari Subulussalam Aceh menuju Sumatera Utara.

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018