Blangpidie (Antaranews Aceh) - Dua masyarakat miskin di Desa Tokoh II, Kecamatan Lembah Sabil, meneteskan air mata haru saat menerima bantuan sosial (bansos) yang diberikan oleh pejabat TNI-Polri di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis.

Dua warga Lembah Sabil yang mendapatkan bantuan sembako, dan uang tunai dari TNI-Polri itu masing-masing Siti Hasanah (75), warga miskin yang menderita penyakit lumpuh dan Jamilah (65) janda cacat pisik yang hidup sebatangkara dengan menGgunakan kursi roda.

Dari atas kursi roda, Jamilah terlihat meneteskan air mata bercampur bahagia saat dua pejabat TNI-Polri, yakni Kapolres Abdya Ajun Komisaris Besar Polisi Andy Hermawan, bersama Dandim 0110/Abdya Letnan Kolonel ARM Iwan Aprianto menyerahkan bantuan sosial.

Begitu juga dengan Siti Hasanah, warga yang sudah lama menderita penyakit lumpuh itu duduk dipintu rumahnya bersama suami yang sudah tua menanggis tersedu-sedu ketika dirinya menerima bantuan sosial, dan uang tunai dari Kapolres, dan Dandim 0110/Abdya

"Alhamdulillah, ternyata masih ada pejabat yang peduli kepada saya yang cacat ini. Terimakasih banyak atas semua bantuannya nak," ungkap Jamilah disambut isak tangis kemudian dipeluk oleh seorang Polwan yang sama-sama ikut menyerahkan bantuan sosial itu.

Baca juga: Janda miskin di Abdya tidak dapat rastra

Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan usai menyerahkan bantuan tersebut mengatakan, dirinya bersama Dandim 0110/Abdya secara pribadi merasa terpanggil untuk memberikan bantuan guna meringankan beban kedua warga miskin itu.



"Kami dari TNI-Polri dari sisi kemanusiaan berusaha menyerahkan bantuan untuk orang-orang yang membutuhkan. Jadi, saya bersama Dandim secara pribadi tergerak hati untuk membantu. Kita tidak melihat dari sisi manapun, tapi ini khusus sisi kemanusian," ujarnya.

Kapolres berharap, mudah-mudahan kedepan semua pihak dan siapapun dia agar bisa terketuk hatinya untuk melihat kedua warga miskin ini, karena mereka itu memang sangat memerlukan bantuan khusus untuk meringankan beban hidupnya.

Dandim 0110/Abdya Letkol ARM Iwan Aprianto saat di wawancarai wartawan mengatakan, penyaluran bantuan sosial tersebut termasuk salah satu tugas TNI dalam membantu warga yang membutuhkan sesuai dengan kemampuan yang ada.

"Kami dari TNI ada salah satu tugas kita juga untuk membantu kesulitan mereka. Jadi, ini tidak ada motif apapun, tapi hanya untuk membantu saja semampu kita untuk warga yang membutuhkan," katanya singkat.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, kedua warga miskin di Desa Tokoh II, Lembah Sabil itu sebelumnya tidak mendapat jatah bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) dari pemerintah lantaran nama mereka tidak terdaftar sebagai penerima manfaat.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018