Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lhokseumawe menggelar pelatihan penyelamatan di ketinggian baik di gedung maupun tebing untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi para relawan.
 
Ketua PMI Kota Lhokseumawe Junaidi Yahya di Lhokseumawe, Selasa, mengatakan pelatihan yang dikolaborasikan dengan berbagai jenis pelatihan lainnya dilakukan mulai Senin (26/2) hingga Kamis (1/3).

Sedangkan untuk kegiatan pelatihan Vertical Resque dilakukan di atap gedung bekas Cunda Plaza Lhokseumawe dan para relawan diharuskan turun sambil melakukan evakuasi menggunakan tali.

"Pelatihan ini penting, apalagi daerah kita ini rawan bencana alam, jadi setiap relawan harus mampu menguasai segala medan, untuk melakukan evakuasi di gedung atau bahkan di alam bebas," ujar Junaidi Yahya.

Junaidi menambahkan keahlian tersebut merupakan kebutuhan dalam operasi penanganan dan evakuasi bencana dalam medan berat dan terjal, sehingga tidak bisa dilakukan dengan cara biasa.
Ia menyebutkan untuk pelatihan vertical resque, pemateri yang dihadirkan antara lain tiga orang dari PMI Provinsi Aceh, satu orang dari PMI Banda Aceh dan satu orang pemateri yang dihadirkan dari PMI Langsa.

"Kami akan terus melakukan pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas para relawan, keberadaan relawan ini sangat penting. Harapan dari pelatihan ini dapat menambah kemampuan dan ketrampilan," tutur Junaidi Yahya.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018