Singkil (Antaranews Aceh) - Aceh Singkil kembali berduka, salah seorang Ulama Kharismatik, Abuya Zainal Abidin meninggal dunia di rumahnya Desa Silatong, Kecamatan Simpang Kanan, Ahad, akibat sesak nafas dalam sepekan ini.

Abuya Zainal Abidin tutup usia 75 tahun. Beliau akrab disapa Abuya Rakik karena seorang pimpinan Dayah Darul Ibadah yang berada di tepi Sungai Cinendang, Simpang Kanan.

Di tepi Sungai itu dulunya penuh dengan rakit - rakit dari kayu dan bambu, bahkan Abuya bila hendak Shalat pergi ke rakit mengambil air wudhu di tepi sungai.

Abuya berpulang ke Rahmatullah menjelang siang sekitar pukul 10.30 Wib. Penyakit yang dideritanya paru-paru atau sesak napas, kata Andi, warga Setempat kepada wartawan.

Pantau wartawan hingga menjelang sore, ribuan masyarakat Aceh Singkil dari berbagai desa dan kecamatan melayat ke ke rumah duka.

Sore ini rencananya adik kandung Almarhum Abuya Baihaqi (Ulama Kharismatik)  Pimpinan Dayah Babussalam Batu Korong ini akan dikebumikan tepat di belakang dayah pimpinannya.

Abuya Zainal adalah seorang Ulama Sufi yang zuhud dan bersahaja serta sangat berpengaruh di tengah-tengah masyarakat Silatong, Kecamatan Aceh Singkil, nasehatnya yang mumpuni menenangkan warga.

Almarhum juga terkenal dengan keahliannya mengobati penyakit secara tradisional, baik secara bathin maupun secara zahir, sehingga pondok dayah yang dipimpinnya kerap didatangi pasien dari masyarakat setempat dan luar daerah, dengan syarat pasien terlebih dahulu bersuci atau berwudhu.

 

Pewarta: Khairuman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018