Takengon (Antaranews Aceh) - Sebanyak 19 dari 23 kabupaten/kota hingga kini sudah mendaftarkan diri menjadi peserta Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh ke-15 tahun 2018 di Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua Panitia Persiapan Popda, Irba kepada wartawan di Takengon, Senin mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih membuka pendaftaran tahap pertama secara online bagi setiap kabupaten/kota hingga 28 Maret 2018.

Sementara ini, kata Irba, sudah tercatat sebanyak 2.342 peserta terdiri dari atlet dan anggota setiap kontingen dari 19 kabupaten/kota yang sudah mendaftar.

"Kemudian nanti kita kembali buka pendaftaran tahap kedua entri by names mulai 1 sampai 24 April 2018," tutur Irba.

Pelaksanaan Popda XV di Aceh Tengah dijadwalkan berlangsung pada 2 sampai 8 Mei 2018.

Perhelatan olahraga tingkat pelajar se Provinsi Aceh ini akan mempertandingkan 11 cabang olahraga.

Baca juga: Banda Aceh Targetkan Juara Umum Popda

Sementara itu, Kabupaten Aceh Besar bertekad mempertahankan juara umum pada Popda XV yang telah diraih pada dua tahun lalu di Kota Langsa.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga pada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupten Aceh Besar, T Dahsya menyatakan, pada Popda Aceh Tengah, Aceh Besar mengikuti 10 cabang olahraga, yakni sepakbola, bola voli, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, sepak takraw, atletik, pencak silat, karate dan taekwando.

Untuk memenuhi target juara umum, pihaknya pun telah mempersiapkan 120 atlet putra dan putri yang akan diterjunkan di multievent olahraga pelajar dua tahunan di Aceh ini.

Begitupun, katanya, ada sejumlah atlet cabang olahraga yang menjadi andalan untuk meraih banyak medali di Popda, diantaranya atletik, tenis lapangan dan cabang olahraga beladiri.

"Semua cabang kita harapkan meraih medali. Kontigen Popda Aceh Besar berkekuatan 200 atlet dan official," katanya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018