Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka peluang sebesar-besarnya kepada perempuan mendaftar sebagai calon legislatif (caleg) DPRK Banda Aceh yang diusung pada Pemilu 2019.

"Kami memberikan kesempatan kepada perempuan mencalonkan diri sebagai anggota DPRK Banda Aceh yang diusung PSI pada pemilu tahun depan," kata Ketua DPD PSI Kota Banda Aceh DM Yasser M Taufiq di Banda Aceh, Sabtu.

Didampingi Sekretaris DPD PSI Kota Banda Aceh Rudi Ramadhani, DM Yasser, mengatakan alasan membuka peluang sebesar-besarnya kepada perempuan karena selama ini anggota legislatif dari kalangan perempuan minim sekali.

"Anggota DPRK Banda Aceh perempuan periode sekarang ini hanya seorang dari 30 orang. Padahal, pemilih perempuan di Kota Banda Aceh hampir setengah jumlah," timpal Rudi Ramadhani.

Selain perempuan, kata dia, PSI juga mengajak anak-anak muda mendaftarkan diri menjadi caleg. Sudah saatnya para anak muda Kota Banda Aceh terjun ke dunia politik guna membawa perubahan.

Bagi perempuan dan politisi muda yang ingin ikuti pemilu menjadi calon legislatif, Rudi mengatakan bisa mendaftarkan diri secara online atau mendatangi Kantor PSI Kota Banda Aceh.

"Siapa saja bisa mendaftar. Bagi yang mendaftar akan diseleksi tim juri independen yang beranggotakan lima orang, dua dari eksternal dan tiga dari internal partai," kata dia.

Rudi Ramadhani menegaskan, PSI tidak mengenal mahar politik. Artinya, siapa saja yang mencalonkan dan dinyatakan lolos seleksi caleg PSI tidak perlu menyetorkan sejumlah uang.

"PSI tidak memungut uang dari caleg dalam proses seleksi. Caleg yang dipilih benar-benar kredibel dan mampu menjalankan misi visi partai serta mampu membawa perubahan," kata Rudi Ramadhani.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018