Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Bupati Aceh Tengah Sabhela Abubakar menyatakan kampung/desa yang berada di kawasan Danau Laut Tawar untuk mempersiapkan diri guna menghadapi pelaksanan Nasional Gayo Alas Mountain Internasional Festival (Gaminfest).

"Kampung-kampung yang berada di kawasan Danau Laut Tawar khususya harus mempersiapkan diri baik dalam menyiapkan sarana penunjang guna mendukung dan ikut menyukseskan pelaksanan event tingkat nasional yang akan berlangsung di Takengon," kata Shabela Abubakar di Takengon, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela memberikan arahan kepada aparat kampung dari empat kecamatan yang berada di sekitar Danau Laut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut dia seluruh Reje dan aparat kampung lainnya harus bekerja optimal dalam mempersiapkan lingkungan dan masyarakat di daerah setempat dapat menghadapi event tingkat nasional tersebut.

"Jaga kebersihan lingkungan, mulai dari perkarangan rumah warga hingga toilet umum," kata Shabela.

Ia mengatakan salah satu tujuan pelaksanan Gaminfest tersebut adalah untuk adanya perubahan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, dalam hal pemberdayaan dan kesejahteraan.

"Saya juga berharap masyarakat sadar terhadap potensi wisata dengan membuat rumah yang layak menjadi?homestay?sehingga dapat bernilai ekonomi," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Aceh Tengah, Windi Darsa mengatakan pihaknya bersama para Camat akan mengawal terus aparat pemerintah kampung untuk mengarahkan masyarakat guna mendukung Gaminfest.

Gaminfest rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo pada bulan Agustus mendatang, berawal dari Kabupaten Aceh Tengah dan berakhir di Kabupaten Gayo Lues pada November 2018.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018