Sabang (Antaranews Aceh) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0112 Kota Sabang melaksanakan gerebek sampah dilokasi wisata di sepanjang pantai Kasih Gampong (desa) Kota Ateuh, Sukakarya, Sabang, Provinsi Aceh.

Kodim 0112 Sabang Letkol Czi Kholid Firdaus melalui Kasdim Mayor Inf Yudha Setiawan di Pantai Kasih, Jumat menyatakan, geberek sampah merupakan salah satu program Karya Bhakti TNI sebagai wujud peduli terhadap lingkungan sekitar.

"Pembersihan pantai ini dalam rangka Karya Bhakti TNI peduli terhadap lingkungan. Kemudian ini merupakan salah satu bagian dari Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD," katanya.

"Tujuannya untuk membangun solidaritas yang kokoh antara sesama prajurit TNI yang bertugas di Sabang, pemerintah daerah (Pemda) dan komponen masyarakat lainnya demi menjaga lingkungan sekitar bebas dari segala jenis sampah," sambungnya.

Kodim 0112 Kota Sabang juga berharap, aksi nyata pembersihan pantai tersebut dapat membangun kebersamaan, kesadaran, serta mampu meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Sekarang pemerintah terus menggalakkan industri pariwisata dan semua pihak berkewajiban menjaga kebersihan, dan yang terpenting lagi adalah tidak membuang sampah disembarang tempat," ujarnya.

Lebih lanjut katanya, Karya Bhakti TNI sebagai motivator dalam menggerakkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terciptanya lingkungan yang bersih, sejuk dan indah.

"Jika lingkungan sekitar bersih dari segala jenis sampah pasti enak dipandang mata dan wisatawan yang melancong akan memperoleh kenyamanan," tuturnya.

Kemudian sampah yang terkumpul di Pantai Kasih tersebut sebanyak 10 truck diangkut dan dibuang ke Tempat Pembuahan Akhir (TPA) Cot Abeuk, Sabang.

Usai gerebek sampah Kodim 0112 Kota Sabang yang diwakili Mayor Inf Yudha Setiawan menyerahkan sebanyak lima unit tempat sampah kepada tokoh masyarakat setempat.

Geberek sampai tersebut tutut melibatkan, TNI AU Lanud Maimun Saleh Sabang, TNI AL Lanudal Sabang, Polres Sabang, Dinas Lingkungan HUdipdan Kebersihan (DLHK) KOta Sabang, Forum Teuraweh serta unsur masyarakat setempat.

Salah seorang warga setempat Anwar mengapresisasi inisatif TNI membersihkan berbagai sampah di Pantai Kasih, Gampong Kuta Ateuh, Sukakarya, Sabang.

"Sampah non organik ini sangat merusak keindahan pantai dan kita bersyukur TNI berinisiatif membersihkan pantai kasih. Alhamdulillah sekarang sudah terlihat indah," akui warga tadi.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018