Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Fakultas Pertanian tampil sebagai juara umum cabang catur pekan olahraga dan seni se Universitas Syiah Kuala (Unsyiah Games) III, setelah meraih 3 medali emas dan 3 medali perak.

Pertandingan cabang catur yang digelar di auditorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah, Darussalam, berakhir Kamis (26/4).

Koordinator pertandingan, Dian Maulana WNP menjelaskan, tiga medali emas yang diperoleh Fakultas Pertanian dari nomor beregu catur cepat putri, beregu catur klasik putra dan nomor perorangan kategori putra jenis catur cepat, atas nama M. Haris Syahputra.

Sedangkan tiga medali perak Fakultas Pertanian diraih dari nomor beregu putri catur klasik, perorangan putra catur klasik atas nama M. Haris Syahputra dan perorangan putri catur cepat oleh Dina Firmadiana.

Urutan kedua ditempati Fakultas Tehnik yang meraih 3 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu. Tiga medali emas yang diraih fakultas ini melalui nomor beregu putra catur cepat, perorangan putri catur klasik dan cepat atas nama Famela Naridha MT.

Sedangkan satu medali perak diraih dari beregu putra catur klasik. Tiga medali perunggu diraih fakultas ini dari nomor beregu putri catur klasik dan cepat. Perorangan putri catur klasik melalui pecatur Rahmi Safitri.

Tempat ketiga, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meraih 1 emas dan 1 perak. Dua medali tersebut dipersembahkan Bobby Fischer dari nomor perorangan putra catur klasik meraih medali emas dan satu perak dari catur cepat.

Posisi ke empat, FKIP meraih 1 medali emas dan 1 medali perak sama seperti FEB. Medali emas diraih dari nomor beregu putri catur klasik dan medali perak dari beregu putri catur cepat.

Urutan kelima, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) meraih satu medali perak dan dua medali perunggu. Satu medali perak didapat dari nomor beregu catur cepat putra. Dua perunggu diperoleh dari beregu putra catur klasik dan perorangan putra catur klasik atas nama Mulya Teguh Putra.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berada di tempat keenam meraih satu medali perak yang dipersembahkan Agus Winarsih dari nomor perorangan putri catur klasik.

Sedangkan tempat ketujuh dicapai Fakultas Keperawatan (FKEP) meraih dua medali perunggu dari nomor perorangan putri catur cepat melalui atlet Syafrina Mataniari dan beregu putra catur cepat.

Sementara itu, Fakultas Kedoteran Hewan (FKH) berada di urutan terakhir atau ke - 8, meraih satu medali perunggu yang dipersembahkan oleh Ilham Saputra dari nomor perorangan putra catur cepat.

Dian menjelaskan, cabang catur Unsyiah Games diikuti 74 pecatur putra dan putri utusan dari delapan fakultas.

Mempertandingkan jenis catur klasik dan catur cepat, terdiri empat nomor kategori putra dan empat nomor kategori putri. Memperebutkan 8 medali emas, 8 medali dan 8 medali perunggu.

Sementara itu, pengalungan medali kepada pemenang diantarannya dilakukan oleh Wakil Rektor III Unsyiah, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. M Nasir Ibrahim, Dekan III Fakultas Pertanian, Dr. nat. techn. Syafruddin, SP, MP, penasehat Unsyiah Games, Drs. Nuzuli MS dan dari dewan juri/wasit.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018