Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh menyosialisasikan program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) kepada prajurit TNI di jajaran Kodam Iskandar Muda.

Sosialisasi diikuti puluhan prajurit TNI dari Satuan Peralatan Daerah Militer (Paldam) Iskandar Muda yang dipusatkan di Aula Paldam Iskandar Muda di Banda Aceh, Kamis.

Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser melalui Kepala Seksi Pencegahan BNNP Aceh Masduki mengatakan peredaran dan penyalahgunaan di Aceh sudah merambah ke semua kalangan.

"Apalagi sekarang ini Indonesia dinyatakan darurat narkoba, terutama Aceh. Narkoba ini harus dilawan, sehingga korban penyalahgunaannya bisa ditekan," kata Masduki.

Aceh, kata dia, saat ini berada di peringkat 12 peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Korban penyalahgunaan barang terlarang tersebut hampir semua kalangan.

Masduki menjelaskan, modus pengedaran narkoba tidak lagi dilakukan laki-laki, tetapi juga memanfaatkan wanita. Buktinya, banyak wanita yang ditangkap karena membawa narkoba.

Narkoba, sebut Masduki, sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi, terutama bagi kesehatan otak manusia. Otak mengalami perubahan bentuk dan keropos serta tidak dapat disembuhkan jika terkena narkoba.

"Jadi, otak manusia yang dirusaki karena narkotika tidak dapat kembali ke bentuk semula. Artinya kerusakan otak akibat memakai narkoba rusaknya permanen," jelas Masduki.

Oleh karena itu, Masduki mengajak semuanya melindungi diri dan keluarga dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Serta menyampaikan apabila ada korban narkoba dan ingin direhabilitasi silakan laporkan BNN.

Kasi Tuud Paldam Iskandar Muda Mayor CPL Parid Rustandi menyampaikan terima kasih kepada BNNP Aceh yang bersedia menyosialisasikan program P4GN kepada prajurit TNI dari Satuan Paldam Iskandar Muda.

Ia mengatakan, sosialisasi P4GN ini merupakan program TNI Angkatan Darat yang akan dilakukan setiap triwulan. Tujuannya agar prajurit TNI terhindar atau tidak terlibat peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Sosialisasi ini merupakan wujud keseriusan TNI Angkatan Darat dalam ?mendukung program P4GN. Kami juga mengingatkan jajaran agar tidak terlibat narkoba," pungkas Mayor CPL Parid Rustandi.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018