Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Klub futsal yang ada di Aceh kedepan diharapkan memiliki akademi untuk menghasilkan pemain-pemain berkualitas, kata Ketua Akademi Futsal Satoe Atjeh, Edi Darman.

"Untuk itu, kami insan futsal Aceh duduk bersama menyosialisasikan tentang asosiasi akademi futsal Indonesia," katanya kepada wartawan usai buka puasa bersama dengan insan futsal Aceh di Banda Aceh, Sabtu malam.

Edi Darman menjelaskan kegiatan sosialisasi akademi futsal yang diprakarsai Satoe Atjeh, diikuti sekitar 40 peserta perwakilan klub futsal di Aceh. Menghadirkan pemateri tunggal yaitu Ferdiansyah dari Asosiasi Akademi Futsal Indonesia (AAFI).

Disebutkannya, dalam sosialisasi tersebut pemateri dari AAFI, Ferdiansyah memaparkan tentang pembinaan dan teknis serta pentingya akademi futsal dalam menghasilkan pemain yang berkualitas.

Edi menambahkan, Asosiasi Akademi Futsal Indonesia (AAFI) hanya di Aceh yang belum ada, asosiasi ini akan terbentuk di Aceh setelah lebaran Idul Fitri atau Juli 2018.

Katanya, dengan adanya AAFI nanti kegiatan liga futsal tingkat usia bisa berjalan dan klub-klub aktif bisa terkoordinir dalam mengikuti liga.

Sebutnya, akademi atau sekolah futsal mengutamakan pembinaan kepada pemain kelompok usia 11- 12 tahun atau pemain yunior.

"Kita harapkan setiap klub memiliki akademi atau sekolah guna menghasilkan pemain yang berkualitas dan atlet PON Aceh XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara," pintanya lagi.

Ia menjelaskan, Satoe Atjeh merupakan suatu akademi futsal di Aceh yang memprakarsai sosialisasi dibentuk 30 Desember 2017. Kini memiliki dua klub di Banda Aceh dan Sigli.

Sementara Ferdiansyah menjelaskan akademi adalah wadah untuk menghasilkan pemain-pemain berkualitas. Melalui akademi akan membina pemain futsal dengan baik dan benar.

Pendiri AAFI ini mengatakan Aceh memiliki potensi, dengan adanya akademi nanti akan menghasilkan pemain berkualitas dan bisa bersaing di nasional.

Dalam kesempatan sama, Ketua Asosiasi Futsal Aceh (AFA) Bardan Saidi menjelaskan futsal adalah cabang unggulan non medali di KONI Aceh.

"Dengan adanya dan berkembangnya akademi nanti, mendukung tim futsal PON Aceh. Kita target lolos PON," ujarnya.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018