Idi (Antaranews Aceh) - Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib mengajak jamaah untuk terus meningkatkan berbagai kebaikan dan ibadah di bulan Ramadhan, khususnya di 10 malam terakhir untuk meraih "Lailatul Qadar".

"Kita telah sukses melaksanakan 19 hari dan malam Ramadhan. Dan sekarang kita lebih tingkatkan lagi pada 10 malam terakhir," katanya saat menjamu buka puasa bersama 5.000 tamu di kediamannya di Kecamatan Darul Ihsan, Kabupaten Aceh Timur, Senin malam.

Dikatakan, pada 10 malam terakhir ada salah malam yang paling istimewa yaitu "Lailatul Qadar" dimana satu malam itu lebih baik dari 100 bulan.

Namun, lanjut Bupati, Nabi Muhammad SAW tidak menyebutkan malam yang keberapa akan turun "Lailatul qadar".

"Jadi, untuk memastikan masing-masing kita bisa mendapatkan `Lailatul qadar`, maka selama 10 malam terakhir ini kita beri`tikaf (berdiam) di masjid memperbanyak ibadah kepada Allah SWT," katanya. Selain berpuasa, Shalat Tarawih, dan tadarus, kata Bupati, pada 10 malam terakhir itu dianjurkan memperbanyak sedekah dan memberi makan orang yang berpuasa, yang kesemuannya harus dikerjakan dengan mukhlis Lillahi ta?ala.

Selain ibadah Ramadhan, Bupati Hasballah juga mengharapkan umat terus memperkokoh persatuan dan kesatuan serta hindari perpecahan di antara sesama.

Apalagi Idul Fitri sudah diambang pintu, sehingga sangat miris jika melihat di antara sesama umat Islam saling hasut menghasut, katanya.

"Jika selama ini terjadi perselisihan di antara sesama, maka menjelang hari yang penuh fitrah mari kita saling maaf memaafkan, sehingga selesai Ramadhan kita benar-benar merayakan hari yang penuh kemenangan," kata Bupati yang juga Ketua Tuha Peut DPW Partai Aceh itu.

Hadir pada acara buka puasa bersama itu adalah unsur Forkopimda Aceh Timur, Muspida Plus, para kepala SKPD, pimpinan dayah dan balai pengajian, imam desa dan Imam Besar Masjid serta para kepala desa.

Tampak hadir juga unsur KPA/PA mulai dari pengurus Dewan Pimpinan Sagoe (DPS), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) serta ratusan santri.
 

Pewarta: Ahmadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018