Jantho (Antaranews Aceh) - Pembangunan sejumlah venue (tempat pertandingan) Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII di Kabupaten Aceh Besar sudah rampung 60 persen dan ditargetkan tuntas Oktober 2018.

Ketua Tim Pengarah PORA dari KONI Aceh, Bachtiar Hasan kepada wartawan, Rabu di Banda Aceh mengungkapkan, dari peninjauan langsung tim pengarah PORA ke lokasi di Jantho Selasa petang bahwa pembangunan venue sudah rampung 60 persen.

Bachtiar menyebutkan, sisa 40 persen lagi pembangunan venue ditargetkan rampung Oktober. Selanjutnya akan dilakukan ujicoba sebulan sebelum pelaksanaan PORA.

Sebutnya, peninjauan ke lokasi untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembangunan venue dan kesiapan tuan rumah Aceh Besar menggelar PORA yang dijadwalkan berlangsung 18 - 25 November 2018.

Venue-venue tersebut dibangun dalam satu komplek Olahraga Kota Jantho "Jantho Sport City? (JSC)" dibekas lahan taman meuligoe seluas 10 hektare di kawasan depan pendopo Bupati Aceh Besar.

Kecuali itu, tim pengarah PORA yang dipimpin Bachtiar Hasan yang terdiri dari Faisal Saifuddin, Kenedi Husen, Andri Agung dan Heri Laksana juga meninjau pembangunan penginapan wasit dan atlet di Jantho.

Bachtiar yang juga Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi KONI Aceh, menjelaskan untuk penginapan wasit baru rampung 30 persen. Penginapan tersebut akan menampung 600 wasit dari 20 cabang olahraga.

Disebutkannya, penginapan wasit juga ditargetkan sudah rampung sebelum pelaksanaan multi even olahraga empat tahunan Aceh di Aceh Besar ini.

Seperti diketahui, peletakan batu pertama dimulainya pembangunan venue-venue cabang olahraga PORA di komplek JSC oleh Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali pada 28 Februari 2018. Saat itu Bupati Mawardi Ali menargetkan pembangunan rampung Oktober 2018.

Komplek JSC menjadi pusat kegiatan PORA akan memiliki venue untuk pertandingan cabang olahraga bola voli, basket, takraw, voli pantai, tenis meja, panahan, cabang olahraga bela diri dan stadion mini.

Sebelumnya, 2017 sudah selesai dibangun dua lapangan tenis dan dua lapangan futsal di kawasan Kota Jantho, sedangkan cabang atletik, renang, dayung akan digelar di Banda Aceh.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali sebelumnya menjelaskan, biaya pembangunan venue sebesar Rp80 miliar, untuk peralatan pertandingan, konsumsi dan akomodasi Rp20 miliar sehingga total Rp100 miliar yang bersumber dari APBA.

Mawardi mengatakan tuan rumah Aceh Besar menanggung akomodasi dan komsumsi atlet peserta PORA sebanyak 4.584 atlet dari 29 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PORA XIII.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018