Sabang (Antaranews Aceh) - Tim Taruna Politeknik Imigrasi (Poltekim) Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI menyosialisasikan fungsi keimigrasian ke sejumlah sekolah di Sabang yang merupakan pulau terluar paling ujung barat Indonesia.

"Taruna Poltekim yang berjumlah lima orang dan didampingi pengawai kantor Imigrasi Kelas II Sabang telah melakukan sosialiasi fungsi imigrasi di SMAN 1 dan SMA Al-Mujaddin Sabang," kata Kasi Wasdakim Kantor Imiograsi Kelas II Sabang Muhammad Hatta melalui pesan tertulis, Rabu.

Selain mempromosikan program studi Taruna Poltekim mereka juga menjelaskan fungsi imigrasi secara luas, seperti pelayanan masyarakat tentang keimigrasian.

Begitu juga tugas dan fungsi imigrasi dalam bidang pengawasan orang asing di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Muhammad mengatakan, sosialisasi dimulai dengan pemutaran video profil Politeknik Imigrasi, dilanjutkan pemaparan materi antara lain, persiapan seleksi masuk Poltekim, sejarah berdirinya Poltekim, program pendidikan yang dilaksanakan dalam kampus hingga jenjang karir setelah menyelesaikan pendidikan yang disampaikan secara bergantian oleh para Taruna itu.

Ada pun, Tim Taruna Poltekim yang ikut serta dalam sosialisasi fungsi keimigrasian tersebut yakni Fauzan Alhaqq Yuandri/D-IV Administrasi Keimigrasian dan Gilar Tyas Sandy Wijaya/D-IV Administrasi Keimigrasian.

Selai itu, Igo Gita Prakasa/D-IV Manajemen Teknologi Keimigrasian, Mangapul Alexus Simbolon/D-IV Hukum Keimigrasian dan M. Daiva Mahdyatha Wisaputra/D-IV Manajemen Teknologi Keimigrasian.

Kehadiran tim taruna Poltekim ke Sabang bertepatan dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Imigrasi Kelas II Sabang dengan tema, "Penyebaran Informasi Perguruan Tinggi Kedinasan Politeknik Imigrasi".

Tim Taruna Poltekim juga bersosialiasii dengan para siswa terkhusus bagi yang telah menduduki kelas III dan diharapkan pada masa transisi pada 2019 dari jenjang SMA atau sederajat ke Perguruan Tinggi telah mendapatkan informasi yang cukup tentang Lembaga Pendidikan Kedinasan Politeknik Imigrasi.

Kegiatan Sosialisasi ini dibuat untuk memperkenalkan salah satu Sekolah Kedinasan yaitu ?Politeknik Imigrasi serta tugas dan fungsi Keimigrasian dalam era globalisasi dengan permasalahan yang kompleks guna menjaga tegaknya NKRI.

Sedangkan, Kepala SMAN 1 Negeri Sabang yang diwakili oleh Waka Kesiswaan Suryadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Taruna Poltekim dan Pegawai Kantor Imigrasi ke sekolahnya.

"Sosialisasi pengenalan kampus Poltekim ini kiranya dapat menambah pengetahuannya serta sedikit gambaran mengenai nuansa akademis di Perguruan Tinggi khususnya Politeknik Imigrasi, dan semoga ada putra putri asli Sabang yang menjadi Taruna Poltekim di masa datang," katanya.

Pimpinan SMA Islam Al Mujaddid Irsalullah Yusuf berharap kelak ada santri atau alumninya yang mendapat kesempatan menjadi bagian dari jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi yang profesional dalam menjalankan tugas dan fungsi Keimigrasian.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018