Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 4.529 lulusan SMA/sederajat?akan mengikuti seleksi melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Darusslaman, Banda Aceh pada 24 Juli 2018.

"Jumlah pelamar mencapai 6.124 orang, sedangkan yang dinyatakan telah membayar dan sah menjadi peserta seleksi sebanyak 4.529 orang, yang terdiri dari 208 memilih IPA, 1.844 IPS dan 2.477 IPC," kata Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan IN Ar - Raniry, Dr Gunawan di Darussalam, Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan, pelaksanaan seleksi tersebut akan dilaksanakan di beberapa gedung di komplek UIN Ar-Raniry yang terdiri dari 228 ruangan yang tersebar di 13 lokasi, antara lain IPA 11 ruangan, IPS 93 ruangan dan IPC 124 ruangan.

Ada pun materi  seleksipada PMB Lokal tidak jauh?berbeda dengan soal ujian pada seleksi nasional, antara lain tes potensi dasar meliputi tes potensi akademik, Bahasa dan Keislaman, selanjutnya tes potensi bidang IPA dan IPS serta kelompok IPC dengan materi sesuai dengan kelompok uji.

Ia berharap para peserta agar datang lebih cepat, 15 menit sebelum ujian dimulai. Ujian dimulai pada pukul 07.45-08.00 WIB?dilakukan validasi dan pengisian biodata.

Tes potensi dasar pada pukul 08.00-09.45 wib, pukul 10.15 hingga selesai dilaksanakan tes potensi bidang sesuai dengan kelompok seleksi masing-masing, sebagaimana tertera pada kartu seleksi peserta.

Gunawan juga berharap kerja sama yang baik antara peserta, panitia dan pengawas pada pelaksanaan ujian, agar semua proses tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah diharapkan.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018