Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Takengon mewakili Provinsi Aceh dalam penilaian Sekolah Sehat tingkat Nasional setelah menjadi yang terbaik pada penilain di tingkat provinsi setempat.

"Kami sangat mendukung terhadap program sekolah sehat dan kami sangat bangga terhadap hasil yang diperoleh oleh SMKN I Takengon," kata Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar di Takengon, Kamis.

Ia menjelaskan dengan prestasi yang diraih SMKN I Takengon tersebut pihaknya akan mendorong agar seluruh UKS di setiap sekolah memenuhi kriteria sekolah sehat.

Menurut Shabel semangat tersebut nantinya akan diikuti dengan keinginan untuk mewujudkan Aceh Tengah atau Takengon menjadi Kota yang sehat dan layak huni.

Ketua Tim Penilai, Surya Surarjo Dwita Dony mengatakan ?Lomba Sekolah Sehat merupakan Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) yang melibatkan seluruh pihak.

"UKS/M bukan hanya menjadi tanggung jawab Sekolah atau dinas saja tapi peran seluruh pihak," kata Dony disela melakukan peninjuan SMKN 1 Takengon.

Menurutnya UKS/M menjadi pokok dari keberhasilan program yaitu, pendidikan, layanan kesehatan dan lingkungan sekolah yang sehat dan bersih.

"Lomba Sekolah Sehat bukan menjadi tujuan, tapi bisa berkelanjutan, dan memberi dampak luas bagi lingkungan dan individu masyarakat," kata Dony.

Tim penilai sekolah sehat tersebut terdiri dari pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan meninjau SMKN 1 Takengon.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018