Lhoksukon (Antaranews Aceh)- Harga beli buah kelapa bulat di tingkat petani di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, anjlok sejak hampir dua pekan terakhir yaitu dari Rp 1.500 per kg menjadi Rp 1.200 per kg.

Seorang agen pengumpul buah kelapa butiran di Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, Muksalmina di Lhoksukon, Rabu (1/8) mengaku, bahwa pihaknya tidak mengetahui pasti penyebab turunnya harga beli buah kelapa tersebut.

"Penyebab turun harga saya tidak tahu persis. Menurut informasi yang kita terima, saat ini sedang ‘banjir’ buah kelapa di wilayah Medan (Sumatera Utara), sementara permintaan juga agak mandek," ujarnya.

Muksalmina menyebutkan, anjloknya harga beli salah satu komoditas perkebunan itu secara bertahap-tahap menyebabkan omzet pihaknya menurun akhir-akhir ini.

Di lain sisi, harga tersebut juga dikeluhkan para petani. Meski tidak cocok harga, para petani tetap saja memanenkan buah kelapa mereka, karena selain akan membusuk bila dibiarkan begitu saja, juga terdesak kebutuhan hidup sehari-hari.

"Buah kelapa yang kami beli ini berasal dari pohon kelapa petani di sejumlah gampong (desa) dalam Kecamatan Baktiya dan kecamatan lainnya di Kabupaten Aceh Utara," bebernya.

Ia menjelaskan, harga beli Rp 1.200 /kg ini merupakan buah kelapa pilihan, yakni ukuran buah kelapa sedang ke atas. Ditambahkan, setiap satu buah kelapa rata-rata memiliki berat 800 gram atau setara 8 ons per buahnya.

Dikatakan, buah kelapa yang dibeli dari petani tersebut akan dijual pihaknya ke seorang pedagang lain di Kabupaten Aceh Timur, yang selanjutnya penampung lokal itu akan memasok ke wilayah Medan, Sumatera Utara.

Muksalmina mengatakan, pihaknya tidak bisa memprediksi kapan harga jual buah kelapa ini akan stabil kembali. Namun biasanya, sambung dia, harga beli buah kelapa itu akan naik pada setiap bulan musim penghujan.

"Biasanya harga kelapa akan naik setiap musim penghujan, seperti yang terjadi pada bulan Desember tahun lalu, harga buah kelapa mencapai Rp 3.500/kg. Penyebabnya, para petani kesulitan memanen saat musim hujan, karena pohon kelapa menjadi licin dan berbahaya bagi pemanjat," jelasnya.

Sementara itu harga beli kelapa kopra di tingkat petani, kata Muksalmina, saat ini berkisar antara Rp 2.400 /kg.
 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018