Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sekitar dua hektare lahan dengan jenis tanaman rumbia dalam kondisi hangus terbakar yang berlokasi di Desa Lampakuk, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Kepala Pelaksana?Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek, di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, kebakaran ini terjadi pada Selasa dini hari atau sekitar pukul 02.20 WIB.

"Begitu dapat laporan, maka petugas piket pemadam BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat langsung menuju lokasi kejadian dengan menggunakan satu unit mobil damkar (pemadam kebakaran)," terangnya.

Petugas pemadaman BPBD Aceh Besar Pos Seulimeum mengaku, tutur Dadek, api dengan cepat merambat ke batang rumbia telah kering yang dibantu oleh?terpaan angin kencang, setelah menghanguskan batang rumbia terbakar.

Hingga kini, penyebab kebakaran sekitar dua hektare kebun rumbia di?Kuta Cot Glie, Aceh Besar, masih dalam tahap penyelidikan oleh pihak yang berwajib setempat.

"Upaya pemadaman yang kita lakukan, juga dibantu oleh penduduk sekitar. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 04.20 WIB, dan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini," tegas Dadek.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengingatkan para pimpinan di daerah, terkait ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang saat ini meningkat di sejumlah daerah di Indonesia.

"Saya ingatkan kembali bahwa kejadian kebakaran seperti yang lalu-lalu harus sudah stop," kata Presiden Jokowi.

Presiden menyebutkan sudah memerintahkan Menkopolhukam Wiranto untuk mengundang pangdam, kapolda, danrem, kapolres, dandim, dan kepala daerah untuk diingatkan kembali mengenai ancaman karhutla.

"Ya ini secepat-cepatnya saya sudah memerintahkan Menkopolhukam untuk mengundang pangdam, kapolda, danrem, kapolres, dandim, dan kepala daerah untuk saya ingatkan kembali bahwa kejadian kebakaran seperti yang lalu-lalu harus sudah stop," kata Jokowi.

 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018