Aceh Besar (Antaranews Aceh) - Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir untuk Negeri yang berasal dari Provinsi Papua belajar tarian tradisonal Aceh "rapai geleng" di Gampong (desa) Wisata Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Belasan siswa SMN yang berasal dari ujung timur Indonesia itu terlihat tekun saat belajar untuk menabuh rapai geleng di Gampong Nusa, Selasa Malam.

"Kegiatan belajar tradisional yang diajarkan serta diperkenalkan kepada SMN dari Papua tersebut untuk mengenal secara dekat terhadap kebudayaan yang ada di Aceh khususnya," kata inisiator Gampong Wisata Nusa, Rubama.

Menurut dia selain mengenalkan dan mengajari rapai geleng untuk peserta siswa, mereka juga mengajarkan tarian likok pulo dan tarian ranum lampuan kepada para siswi.

Kegiatan belajar tarian tradisional dari SMN yang berlangsung di pentas festival Gampong Nusa 2018 tersebut juga turut disaksikan oleh warga itu.

Rubama menambahkan sebanyak 35 peserta SMN tersebut menginap di home stay atau rumah-rumah warga Gampong Nusa yang disiapkan sebagai tempat penginapan tamu yang datang ke gampong tersebut.

"Saat ini ada sekitar 45 rumah milik warga dapat digunakan dan siap melayani tamu baik dalam dan luar negeri yang akan berwisata ke Gampong Nusa.

Bank BNI dan PT Surveyor Indonesia (Persero) sebelumnya juga telah memberangkatkan sebanyak 26 siswa-siswi dari 23 kabupaten/kota se-Aceh untuk mengikuti rangkaian kegiatan SMN di Papua.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018