Aceh Besar (Antaranews Aceh) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Provinsi Aceh diminta ikut berbagi kepada teman-temannya di sekolah terhadap berbagai pengalaman menarik selama berada di Provinsi Papua.

"Kami berharap adik-adik peserta SMN Aceh ke Papua dapat mengambil hikmah dari kegiatan ini dan menceritakan beragam pengalaman menarik yang ada dalam program mengenal nusantara ke siswa lainnya," kata Kasi Pembinaan Kesiswaan bidang SMA pada Dinas Pendidikan Aceh, Amiruddin di Banda Aceh, Sabtu malam.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela penutupan SMN Provinsi Aceh-Papua, di mana sebanyak 26 peserta SMN asal Aceh berangkat ke Papua untuk belajar adat dan budaya yang ada dan sebaliknya dari Papua berangkat ke Provinsi Aceh.

Ia menjelaskan beragam pengalaman yang diperoleh tersebut harus terus dikembangkan oleh setiap peserta dalam mengembangkan pengetahuan terhadap adat dan budaya yang ada di Tanah Air.

"Sampaikan berbagai pengalaman yang baik-baik kepada kawan-kawan yang ada sekolah selama kalian berada di Provinsi Papua," katanya.

Dalam kegiatan penutupan sekaligus pelepasan kembali peserta ke kabupaten/kota di seluruh Aceh tersebut, para peserta juga menyambaikan kesan yang mereka rasakan selama berada di provinsi ujung timur Indonesia itu.

"Papua itu sangat luar biasa alamnya dan masyarakatnya sangat ramah," kata salah satu peserta SMN Aceh, M Yogi.

Di sela-sela kegiatan tersebut peserta SMN asal Aceh tersebut juga menunjukkan kebolehannya dengan membawakan lagi berjudul Tanah Papua dan mempersembahkan tarian asal Papua.

Dalam kegiatan penutupan Siswa Mengenal Nusantara di provinsi ujung paling barat itu turut hadir di antaranya Pemimpin Konsumer Banking BNI Wilayah Medan, Nurdiana Lubis dan Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Surveyor Indonesia, Rosmanidar Zulkifli.

Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT. Surveyor Indonesia "(Persero) sebelumnya juga telah memberangkatkan sebanyak 26 siswa-siswi dari 23 Kabupaten/Kota se-Aceh untuk mengikuti rangkaian kegiatan SMN di Papua.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018