Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Puluhan pecatur dari seluruh Aceh memastikan ikut bertanding pada kejuaraan memperebutkan Piala Senator Fachrul Razi yang dijadwalkan berlangsung 28 Agustus hingga 1 September 2018.

"Hingga kini sudah 80 pecatur yang sudah memastikan ikut. Kami membatasi peserta untuk kejuaraan ini hanya 100 peserta," kata Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Aceh Aldin Nl di Banda Aceh, Senin.

Kejuaraan terbuka terlaksana bekerja sama Pengprov Percasi Aceh dengan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal daerah pemilihan Aceh Fachrul Razi.

Bersamaan dengan kejuaraan tersebut, Pengprov Percasi Aceh juga menggelar seleksi provinsi Kejuaraan Nasional Catur 2018 yang berlangsung minggu kedua Oktober mendatang. Seleksi diikuti atlet catur dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Setiap kabupaten/kota mengirimkan maksimal dua pecatur putra dan satu pecatur putri. Usia pecatur tidak dibatasi. Sedangkan kejuaraan Piala Senator syaratnya harus berdomisili di Aceh, dibuktikan kartu tanda penduduk atau KTP.

"Kejuaraan Piala Senator dam seleksi provinsi dipusatkan di Gedung PWI Aceh di Banda Aceh. Bagi pecatur yang lolos seleksi akan diikutsertakan pada kejuaraan nasional catur yang digelar di Banda Aceh, pada Oktober mendatang," kata Aldin Nl.

Sekretaris PWI Aceh itu menambahkan, kejuaraan Piala Senator hanya mempertandingkan kategori catur cepat 25 menit. Sedangkan seleksi provinsi mempertandingkan kategori catur standar 90 menit.

"Para juara satu hingga 10 mendapat medali dan uang pembinaan. Kejuaraan Piala Senator dan seleksi catur tingkat provinsi ini digelar untuk mencari atlet catur potensial serta pembinaan untuk meningkatkan prestasi catur di Provinsi Aceh," kata Aldin Nl.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018