Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kontingen Universitas Negeri Jambi (Unja) juara umum Kejuaraan nasional petanque antar perguruan tinggi di Lapangan Tugu Darussalam, Banda Aceh, yang berakhir Minggu.

Unja tampil sebagai juara umum Kejurnas III setelah meraih 5 medali emas dan 1 perak dan 1 perunggu, sekaligus memboyong tropi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI.

Kontingen tuan rumah Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) juara umum Kejurnas II/2017 di Medan, Sumatera Utara hanya meraih 1 medali emas, 2 perak, 2 perunggu dan berada di posisi ke-4.

Sementara peringkat kedua Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meraih 2 medali emas, 1 perak, 3 perunggu. Disusul tempat ketiga, STOK Bina Guna Medan, Sumatera Utara, dengan 1 emas, 2 perak dan 5 perunggu, Universitas Siliwangi Bandung ranking ke lima, dengan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Tempat ke enam Universitas Negeri Semarang (UNS) meraih 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu, Universitas Islam 45 Bekasi peringkat ke tujuh meraih 2 medali perak, Universitas Negeri Yogjakarta (UNY) urutan ke-8, dengan satu perak.

Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Khairun Ternate, Maluku dan Universitas Sebelas Maret peringkat 9, 10, 11 masing-masing meraih dua perunggu.

Universitas Serambi Mekkah, UTP Solo peringkat 12 dan 13 sama-sama memperoleh satu medali perunggu.

Tehnical delegate, DR Ramdan Pelana, MOR mengatakan persaingan di Kejurnas perguruan tinggi ini cukup ketat diikuti para atlet nasional dan seorang atlet Sea Games yaitu Abun Nawan dari UNJ Jambi yang meraih medali emas di nomor shooting men.

Sekretaris panitia, Nasrillah Anis menyebutkan, Kejurnas yang diikuti 177 atlet utusan 22 perguruan tinggi dari 12 provinsi ditutup Wakil Rektor III Bidang kemahasiswan dan alumni Unsyiah, DR Ir Alfiansya Yulianur BC.

Alfiansyah dalam sambutannya mengatakan, even besar Kejurnas petanque antar perguruan tinggi ini telah dilaksanakan Unsyiah dengan lancar tanpa hambatan.

Ia mengharapkan, prestasi yang telah diraih atlet Unsyiah dapat terus ditingkatkan.

"Tahun depan kita rencanakan menggelar turnamen mahasiswa tingkat international," ujar ketua umum pantia Kejurnas ini.

Sebutnya, cabang olahraga petanque selama ini terus meraih medali emas di even yang diikuti dan sukses melaksana Kejurnas, sehingga petanque telah menjadi ikon bagi Unsyiah.

Wakil Rektor Alfiansyah menyerahkan langsung tropi dari Menpora kepada juara umum yang diraih Kontingen Universitas Negeri Jambi.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018