Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa cuaca di wilayah utara Provinsi Aceh, tepatnya di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, sepanjang Selasa terjadi hujan ringan di malam hari yang disertai petir.

Prakirawan cuaca dari Stasiun BMKG Malikussaleh, Aceh Utara, Febryanto, Selasa mengatakan bahwa berdasarkan perkiraan cuaca oleh pihaknya, untuk wilayah Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara dan daerah sekitarnya, berpotensi terjadi hujan terutama di malam hari.

Untuk kondisi sekarang cuaca di wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara adalah hujan ringan, terutama malam hari,? kata Febryanto.

Sementara itu, mengenai mengenai gelombang laut diwilayah perairan Lhokseumawe dan Aceh Utara serta daerah sekitarnya, masih tergolong aman untuk pelayaran dan aktivitas mencari ikan bagi nelayan.

Gelombang laut untuk wilayah perairan Lhokseumawe, Aceh Utara dan sekitarnya berkisar antara 0,25 hingga 1,25 meter.

Dengan gelombang laut yang berkisar antara 0,25 hingga 1,25 meter di pesisir pantai utara Aceh, relatif aman bagi pelayaran dan juga bagi nelayan yang melakukan aktifitas mencari ikan di laut,? kata prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh tersebut.

Ia mengatakan kondisi cuaca hujan ringan yang disertai petir pada malam hari. Karena itu, masyarakat diminta waspada dan menghindari aktivitas di luar rumah saat sedang kondisi petir berlangsung, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, saat ini, di Aceh Utara beberapa desa terendam banjir, tepatnya di Kecamatan Matang Kuli dan Tanah Luas. Hal itu, akibat meningkatnya debit air DAS Krueng Keureuto yang meluap dan mengenangi pemukiman penduduk serta ditambah lagi dengan hujan ringan terutama pada malam hari.
 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018