Pidie (Antaranews Aceh) - Harga komoditas pertanian seperti cabai, bawang merah dan tomat di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh sepekan terakhir mengalami penurunan drastis.

"Harga cabai merah dan bawang merah turun terus sejak seminggu yang lalu," kata seorang petani cabai, Hendra di Utue, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Senin.

"Harga cabai merah turunnya sampai Rp10.000/kg dan ini sangat merugikan petani lokal," keluh penati tersebut.

Pantauan Antara di lokasi dini hari, pengepul membeli cabai merah dari petani dengan harga Rp20.000 hingga Rp22.000/kg. Padahal, pekan lalu harga komoditas pertanian tersebut Rp30.000 hingga 32.000/kg.

Kemudian, harga bawang merah juga mengalami penurunan drastis dari, 20.000/kg turun menjadi Rp 10.000/kg. Selanjutnya, tomat dari Rp4.000 turun menjadi Rp2.000/kg.

"Bawang merah dan tomat turunnya hingga 50 persen jika dibandingkan dengan harga minggu yang lalu," kata petani lainnya, Muhammad Yusuf.

Menurut dia, saat petani lokal panen raya, harga komoditas pertanian diwilayah tersebut acap kali turun.

"Mestinya pemerintah dapat mengotrol harga barang saat panen agar petani lokal tidak merungi," harap dia.

Petani lokal di Kabupaten Pidie, dominan terlihat masih merawat tanaman, cabai, bawang merah dan tomat dengan cara alami dan menggunakan pupuk organik dari kotoran lembu, kambing, dan bebek.

"Hampir semua petani disini masih mengandalkan pupuk organik karena harganya sangat terjangkau," pungkas petani itu.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018