Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 14.993 peserta calon pegawai negeri sipil pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh untuk formasi penjaga tahanan, mengikuti verifikasi administrasi dan pengukuran tinggi badan.

Verifikasi keaslian administrasi dan pengukuran tinggi badan dipusatkan di Stadion H Dhimurthala Banda Aceh di Banda Aceh, Senin berlangsung empat hari.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh Agus Toyib Bc IP SH MH mengatakan belasan ribu peserta tes CPNS tersebut akan memperebutkan 25 formasi sebagai penjaga tahanan.

"Bagi yang lulus nanti semuanya ditempatkan di Rutan Sabang, Pulau Weh. Dari 25 yang direkrut, terdiri 18 petugas laki-laki serta tujuh lainnya petugas wanita," kata Agus Toyib.

Agus menyebutkan, verifikasi meliputi keabsahan dokumen peserta seperti surat tanda lulus sekolah, surat keterangan sehat dan lainnya. Sedangkan pengukuran tinggi badan untuk memastikan bahwa tinggi minimal 160 sentimeter untuk peserta laki-laki dan 155 sentimeter untuk wanita.

"Bagi yang tinggi badannya tidak memenuhi tinggi minimal langsung dinyatakan gugur. Begitu juga yang tidak memenuhi verifikasi faktual administrasi, juga dinyatakan tidak lulus," kata dia.

Bagi yang lulus verifikasi dan pengukuran tinggi badan, kata Agus Toyib, akan mengikuti seleksi tahap berikutnya yakni computer assisted test atau CAT. Yang lulus CAT, maka akan mengikuti tes wawancara.

"Penetapan kelulusan ditentukan di ?kantor pusat di Jakarta. Sedangkan verifikasi dan pengukuran tinggi di Stadion H Dhimurthala ini dijadwalkan berlangsung empat hari," kata Agus Toyib.

Pewarta: M Haris SA

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018