Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Aceh International Rapa'i Festival (Aciraf) 2018, yang akan digelar di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, merupakan upaya memperkenal khasanah seni perkusi Aceh ke mata dunia.

"Festival ini memamerkan berbagai jenis alat musik perkusi bertaraf internasional ini, untuk kami akan memperkenalkan seni perkusi Aceh kepada masyarakat luar dan mengaungkan Rapa'i (alat musik tabuh Aceh) sebagai salah satu item musik dunia, ungkap Irvan Heriyadi Project Manajer Aciraf 2018, kepada wartawan Minggu malam.

Kegiatan yang akan digelar tanggal 4-7 November 2018 selain diikuti peserta dari berbagai daerah di Aceh, juga dari beberapa daerah di Indonesia, serta diramaikan peserta dari luar negeri seperti dari India, Malaysia dan Thailand.

"India akan menampilkan seni Tabla (alat musik perkusi tradisional India), kemudian dari Malaysia menghadirkan sanggar dendang anak, sedangkan dari Thailand akan tampil seniman dari Patani," ujar Irvan.

Lebih lanjut dijelaskan, Aciraf 2018 akan dilakukan pada empat lokasi, dintaranya Stadion Tunas Bangsa, Lapangan Sudirman, GO R Cunda dan Waduk Jeulikat.

"Kegiatan yang digelar nantinya adalah Rapa i International Concert, Rapa?i street Art, Meet and Great, Jeuleukat Field Trip, dan Aceh Culture Expo. Serta kegiatan Welcome Lunch (Khanduri Peumulia Jamee), Pawai Budaya Kota Lhokseumawe dan lain-lain,? jelas Irvan.

"Kegiatan berkelas Internasional itu bahagian dari program Wonderfull Indonesia, Kementrian Pariwisata RI," ujar Irvan.

Irfan menjelaskan, tamu dan pengiat seni baik dalam dan luar negeri, akan dibawa kelokasi pembuatan Rapai di Kota Lhokseumawe, untuk melihat langsung proses pembuatan Rapa?ie secara tradisional.

"Kita akan mengajak para tamu undangan ke tempat pembuatan Rapai dan melihatnya secara langsung proses pembuatan salah satu alat musik perkusi Aceh tersebut, ujar Project Manajer Aciraf 2018 tersebut.

Oleh karena itu, panitia pelaksana sangat mengharapkan kepada semua pihak untuk mendukung kegiatan dimaksud agar dapat berjalan dengan sukses dan mengharapkan agar alat musik Rapa'i menjadi ikon Kota Lhokseumawe.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018