Banda Aceh, 29/10 (Antara) - Sekretaris Daerah (Sekda) Dermawan mengajak para pemuda di provinsi ujung barat Indonesia tersebut bersatu membangun daerah. 
     
"Pemuda harus kembali ke khitah, bersatu membangun Aceh. Karena itu, kami mengajak pemuda Aceh bersatu membangun daerah," kata Sekda Aceh Dermawan di Banda Aceh, Senin
     
Pernyataan tersebut disampaikan Sekda Dermawan menjadi inspektur upacara sumpah pemuda tingkat Provinsi Aceh dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Aceh.
     
Sekarang ini, sebut Sekda Aceh, perkembangan berita bohong atau hoaks serta ujaran kebencian mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mampu mengantisipasi ancaman tersebut.
     
Oleh karena itu, sebut dia, pemuda harus kembali ke cita-cita sumpah pemuda 90 tahun lalu. Di mana cita-cita tersebut mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
     
"Peringatan sumpah pemuda ini harus menjadi momentum pemuda untuk kembali bersatu di tengah maraknya perkembangan berita bohong dan ujaran kebencian," kata Dermawan.
 
Pelajar berbusana adat menampilkan Tari Kipas saat mengikuti upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda di kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Senin (29/10/2018). Peringatan Sumpah Pemuda ke-90 dengan tema "Perbedaan adalah Kekuatan" di Aceh dihadiri para ormas pemuda, pelajar dan intanasi pemerintah. (Antara Aceh/Ampelsa)

     
Terkait dengan tahun politik, Dermawan juga mengajak pemuda berpartisipasi aktif pada Pemilu Legislatif 2019. Pemuda harus menggunakan hak pilih dan dipilih.
     
"Kami juga berharap pemuda ikut berpartisipasi pada politik. Pemuda tidak hanya menggunakan hak pilihnya, tetapi juga hak dipilih. Sebab, pemuda merupakan generasi penerus bangsa," kata Dermawan.
     
Upacara peringatan sumpah pemuda diikuti unsur organisasi pemuda, mahasiswa, pelajar serta dihadiri para kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA). Upacara ditandai dengan pengibaran bendera merah putih.
     
Usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, kegiatan dirangkai dengan penyerahan piagam kepada sejumlah pemuda Aceh berprestasi di berbagai bidang. 
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018