Langkawi, Kedah (Antaranews Aceh) - Malaysia menginisiasi pertemuan Forum Pariwisata dalam rangka meningkatkan kerja sama tiga negara Indonesia, Malaysia, dan Thailand (IMT-GT) yang berlangsung 30 Oktober sampai 1 November 2018 di Langkawi.

"Forum yang digelar pertama kali ini juga bagian untuk berbagi pengalaman dan informasi serta promosi guna meningkatkan kunjungan wisata di tiga negara," kata Sekretaris jenderal Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya, Malaysia, Datuk Rashidi Bin Hasbullah di Langkawi, Malaysia, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka forum pariwisata yang diikuti sebanyak 170 peserta yang berasal dari berbagai pemangku kepentingan dan pelaku industri pariwisata dari tiga negara tersebut.

Ia menjelaskan penyelenggaraan forum pariwisata di Langkawi tersebut juga bagian memperkenalkan destinasi wisata yang ada di daerah tersebut kepada masyarakat internasional.

"Kehadiran forum ini juga bagian membahas berbagai perkembangan di ketiga negara dan meningkatkan sinergi dalam berbagai sektor khususnya pariwisata, sehingga target kunjungan wisatawan dapat terwujud," katanya.

Ia meyakini melalui sinergi semua pemangku kepentingan dan keterlibatan semua komponen yang ada di setiap negara dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dapat terwujud di masa mendatang.

Dia menyebutkan pada tahun 2018, Pemerintah Malaysia menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke negara tersebut sebanyak 26,1 juta orang.

Dalam kegiatan turut hadir dari perwakilan Indonesian, Kasubbid Hubungan Organisasi Pemerintah dan Internasional, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran, Kementerian Pariwisata, Ari Setyo Nugroho, dan dari Thailand dihadiri Deputi Sekretaris Tetap Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand, Santi Pawai.

Kasubbid Hubungan Organisasi Pemerintah dan Internasional, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran, Kementerian Pariwisata, Ari Setyo Nugroho, mengatakan kegiatan tersebut akan dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi dan sinergi kerja sama bidang pariwisata.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018