Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak perbankan mendukung dunia usaha yang ada di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

"Kami berharap sektor perbankan mendukung dunia usaha, sehingga bisa berkembang serta mampu membuka lapangan pekerjaan dan tentunya akan mengurangi pengangguran," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan Aminullah Usman menerima kunjungan delegasi Maybank. Kepada bank asal Malaysia itu, Wali Kota berharap turut mendukung dunia usaha di Banda Aceh.

Menurut mantan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh tersebut, sudah seharusnya perbankan, termasuk Maybank, yang beroperasi di Banda Aceh mendukung sektor usaha.

Sebab, kata dia, dunia usaha merupakan sektor riil yang menggerakkan ekonomi masyarakat. Tanpa dukungan perbankan, tentu sulit bagi dunia usaha di Banda Aceh untuk berkembang.

"Apalagi Kota Banda Aceh sebagai ibu kota Provinsi Aceh tidak memiliki sumber daya alam seperti daerah lain, sehingga perekonomian masyarakat sangat tergantung kepada sektor riil," kata dia.

Saat ini, sebut Wali Kota, Pemerintah Kota Banda Aceh terus berupaya menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan. Angka pengangguran di Banda Aceh masih berada di 7,75 persen dan kemiskinan sekitar 7,45 persen.

"Meski sudah mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir, namun belum belum puas dan menginginkan angka tersebut bisa turun lagi," kata Aminullah Usman menyebutkan.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah kota menggerakkan dunia usaha, terutama sektor wisata. Sebab, dalam sektor wisata banyak pelaku usaha yang terlibat.

"Di sinilah kami harapkan dukungan perbankan terhadap dunia usaha di Banda Aceh. Jika dunia usaha maju, dengan sendirinya membuka lapangan pekerjaan, sehingga angka pengangguran dan kemiskinan bisa ditekan serendah-rendahnya," kata Aminullah Usman.

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018