Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan kehadiran sarana olahraga Jantho Sport City (JSC) di Kabupaten Aceh Besar dapat menjadi sarana wisata olahraga di masa mendatang.

"Pembangunan sarana olahraga ini merupakan bagian untuk memacu semangat yang sama dilakukan di Kabupaten Aceh Besar guna mendorong hadirnya sarara bertaraf internasional," katanya di Jantho, Senin malam.

Saat membuka Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke-13, ia menjelaskan pembangunan fasilitas olahraga di area seluas sembilan hektare di ibukota Kabupaten Aceh Besar itu bukan hanya menjadi sarana melahirkan atelt berprestasi, tapi akan menjadi penyelenggaraan iven olahraga di masa mendatang.

"Kita berharap dengan hadirnya JSC ini akan lebih banyak lagi iven olahraga bergengsi berbagai tingkatan di digelar di sini dan kehadiran arena olahraga ini juga memicu semangat Pemerintah Aceh dan Pemerintah Aceh Besar khususnya untuk melaksanakan iven olahraga tingkat nasional," katanya.

Menurut dia kehadiran JSC yang dibangun di Kawasan Jantho tersebut juga akan menjadi salah satu arena yang diandalkan dalam menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024 yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara.

"Aceh bersama Sumuatera Utara telah mendapat mandat sebagai tuan rumah pelaksanaan PON ke-21," kata Nova.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan iven olahraga empat tahunan di tingkat provinsi di kabupaten yang dipimpinnya itu.

Ia menyebutkan iven olahraga tingkat provinsi yang berlangsung 18-25 November di ibu kota Kabupaten Aceh Besar, Jahto diikuti sebanyak sekitar lima ribuan atlet yang bersal dari 23 kabupaten/kota dengan mempertandingkan 29 cabang olahraga.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018