Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Bupati Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Shabela Abubakar menyatakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) setempat harus memberi warna dalam memajukan kegiatan kepemudaan di daerah itu.

"KNPI Aceh Tengah harus solid dan mampu berbuat yang terbaik dalam pembinaan pemuda dan berkontribusi untuk pembangunan daerah," kata Bupati di sela-sela pelantikan Pengurus KNPI Aceh Tengah periode 2019-2022 di Takengon, Senin.

Ia menjelaskan KNPI bersama dengan Pemerintah daerah punya kewajiban untuk mengarahkan pemuda, agar lebih produktif sekaligus memiliki karakter dan moral yang baik.

"KNPI merupakan wadah pemersatu pemuda dan berhimpunnya seluruh organisasi kepemudaan sehingga perlu segera disusun program yang menyentuh kepentingan pemuda," katanya.

Shabela juga berpesan pengurus KNPI Aceh Tengah, Edy Gunawan yang baru dilantik oleh Ketua KNPI Aceh, Wahyu Saputra agar segera melakukan konsolidasi internal guna menyusun program dan kegiatan selama satu periode mendatang.

"KNPI juga dapat mengambil peran sebagai perekat yang menyuarakan pentingnya kita agar tetap menjalin kebersamaan, menjelang Pemilu 2019. Siapa pun presiden yang terpilih nantinya adalah presiden yang harus kita dukung bersama, dan siapa pun wakil rakyat yang terpilih nantinya dapat mengemban aspirasi kita," kata Shabela.

Ia menambahkan pihaknya juga menantikan pemikiran dan solusi dari KNPI Aceh Tengah dalam menyukseskan program-program pembangunan daerah di dataran Tinggi Gayo tersebut.

Sementara itu, sebelumnya, Ketua KNPI Wahyu Saputra menyatakan pemuda agar tidak hanya memberikan kritikan terhadap pemerintah tapi juga harus memberi solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi.

"Kritik terhadap Pemerintah perlu bahkan suatu keniscayaan, namun akan lebih baik jika disertai dengan solusi terhadap apa yang harus dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan sebagai organisasi yang menaungi para penerus bangsa sudah seharusnya berbagai kritikan yang diberikan dengan memberikan solusi untuk tindaklanjut yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah.

Selanjutnya, Ketua KNPI Aceh Tengah yang baru dilantik, Edy Gunawan mengatakan dirinya bertekad untuk membawa organisasi pemuda Aceh Tengah lebih berdaya dan mampu menjadi sosok perubahan di tengah masyarakat.

Ada pun program yang akan dijalankan dalam periode yang dipimpin dirinya tersebut adalah bagaimana mengarahkan pemuda untuk peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

Ia mengatakan menumbuhkan semangat wirausaha dikalangan pemuda merupakan bagian dari program yang akan dijalankan oleh KNPI di kabupaten penghasil kopi Arabica terbaik.

Pihaknya meyakini dengan berbagai kegiatan positif yang dilakukan akan mampu mewujudkan pemuda Aceh Tengah yang mandiri dan berkontribusi untuk pembangunan daerah.

Pelantikkan pengurus KNPI Aceh Tengah tersebut turut dihadiri Anggota DPR RI, Tagore Abubakar, unsur Forkopimda, para Kepala SKPK, pengurus LVRI, dan beberapa pimpinan organisasi kepemudaan di daerah setempat.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019