Blangpidie (Antaranews Aceh) - Para pengendara roda dua dan roda empat meminta Pemerintah agar memperbaiki jalan nasional di Kabupaten Aceh Barat Barat Daya (Abdya), karena jalan lintasan daerah tersebut sudah banyak lubang yang sewaktu-waktu mengincar korban jiwa.

Amatan wartawan dilapangan, Selasa, para pengendara yang melintasi jalan nasional terlihat harus ektra hati-hati, jika tidak ingin terperosok ke dalam lubang yang berada di jalan nasional lintasan Meulaboh-Tapaktuan itu.

Seperti kondisi lubang di Jalan Nasional Desa Baharu, Kecamatan Blangpidie, dan ruas jalan di Kecamatan Setia dan Kecamatan Tangan-tangan yang kerap membahayakan pengendara.

Hamdi, salah seorang pengendara roda dua yang melintas di kawasan jalan nasional Desa Baharu mengatakan, beberapa titik lubang yang berada di badan jalan nasional tersebut sangat membahayakan pengguna Jalan.

"Kalau kita lihat memang sangat membahayakan para pengendara yang melintas di jalan ini. Terlebih saat malam dan dalam kondisi hujan, jika tidak hati-hati bisa saja para pengendara terperosok ke dalam lubang," keluhnya.

Hamdi menuturkan, jika para pengendara tidak ekstra hati-hati melintasi jalan nasional di kawasan ini tentu akan jatuh ke lubang dan dapat memakan korban jiwa, apalagi saat malam hari dalam kondisi hujan.

Karena lanjut dia, dalam kondisi hujan di malam hari tentu air hujan akan penuh dan menutupi lubang dijalan hingga tidak tertutup kemungkinan para pengendara akan terperosok kedalam lubang dan dapat terjadinya kecelakaan.

"Kondisi gelap dan hujan, jika kecepatan kendaraan tinggi dan jatuh kelubang tentu kecelakaan tidak bisa di hindari," tuturnya.

Hamdi berharap, sebelum jatuhnya korban, dirinya berharap kepihak Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memperbaiki lubang jalan Nasional di Abdya.

"Kondisinya  cukup memprihatinkan meski kerusakan tidak terlalu memdalam sekali artinya, lubang-lubang itu, sangat membahayakan pengenadara, apalagi letak lubang tersebut persis di tikungan dekat dengan berem jalan," imbuhnya.

Sementara itu Koordinaot wilayah 11 yang juga merangkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Alfian Helmi kepada Wartawan saat dihubungi mengatakan, pihaknya telah turun lapangan untuk menijau langsung lokasi lubang Jalan Nasional di Abdya tersebut.

"Kita telah terjun lapangan, memang ada dan tahun ini akan segera kita perbaiki, jadi, material untuk mengangani lubang tersebut masih dalam tahap koordinasi,” tuturnya.

Alfian berkata, jika dalam waktu dekat bahan untuk menutupi lubang di jalan nasional tersebut tidak tersedia pihaknya akan segera mencari solusi lain.

"Insya Allah akan kita perbaiki, tapi karena memang material masih belum ada, kemungkinan besar lubang-lubang tersebut kita cor saja,  bahkan sebutnya, ada sebagian lubang yang telah di perbaiki pihaknya,” ujar Alfian

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019