Lhoksukon (Antaranews Aceh) - Qari peraih juara I Musabakah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Turki, Tgk. Takdir Feriza Hasan, SPd.I, dipastikan akan tampil di acara pembukaan MTQ Kabupaten Aceh Utara ke-34.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Utara Tgk. M Idris, di Lhoksukon Rabu mengatakan, MTQ ini akan berlangsung di lapangan Landing, Kecamatan Lhoksukon pada Jumat malam, 22 Februari 2019.

"Iya, kita undang Tgk Takdir Feriza Hasan sebagai qari jemputan untuk tampil pada malam pembukaan MTQ ke-34 Kabupaten Aceh Utara," kata Tgk M Idris di damping Kabag Humas Setdakab Aceh Utara, Andree Prayuda.

Dikatakan, Tgk Takdir Feriza Hasan meraih juara I pada even MTQ Internasional di Turki, yakni saat menjadi Duta Indonesia pada Turkey International Holy Quran Memorization and Recitation Competition pada Juli 2015 di Istanbul, Turki.

Putra Aceh Besar kelahiran 1986 ini, juga pernah beberapa kali diundang langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan untuk tampil dalam seremonial keagamaan di sana, setelah dia meraih juara I.

Sementara untuk persiapan pelaksanaan MTQ tersebut, kata Tgk M. Idris, sebagian besar telah rampung 100 persen. Hanya tinggal mimbar utama yang menunggu finishing, dan dipastikan akan selesai dalam dua hari ke depan.

Disebutkan, pihaknya bersama seluruh unsur panitia bekerja fulltime untuk menyiapkan semua kebutuhan demi menyukseskan pelaksanaan MTQ dimaksud.

MTQ ke-34 Aceh Utara ini memperlombakan tujuh cabang, masing-masing qiraat sab’ah, hifzil qur’an, syarhil qur’an, fahmil qur’an, tafsir qur’an, khattil qur;an, dan cabang MMQ, dengan jumlah total peserta 929 orang.

Para peserta akan di tempatkan pada pemondokan di gampong-gampong sekitar Landing Kecamatan Lhoksukon.

"Kita sangat mengharapkan seluruh masyarakat Aceh Utara, khususnya masyarakat sekitar Landing untuk mendukung penuh kegiatan ini, sehingga pelaksanaan MTQ berlangsung sukses dalam rangka mensyiarkan nilai-nilai Qur’ani kepada generasi muda kita," kata Tgk M Idris.

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019