Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Rumah Sakit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (RS TNI-AD) Kesrem 07.01, Lhokseumawe, Provinsi Aceh, disurvey oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS untuk menilai apakah tempat pelayanan kesehatan tersebut memenuhi standar yang ditetapkan.

Kehadiran Tim survey penilaian Akreditasi dr. Tini Sekarwati, MM, disambut baik oleh Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah Iskandar Muda (Dandenkesyah IM 04.01) Letkol Ckm Wawan Supandi, SKM, S.Kep, M.Kes yang didampingi Karumkit TK IV 07.01 Kesrem Lhokseumawe Mayor Ckm dr. Arief Puguh, Sp.PD serta Ketua Komite Medik Rumah Sakit TNI-AD Kesrem Lilawangsa TK IV IM 07.01 Lhokseumawe Mayor Ckm Dr. Adi S, Sp. PD, serta prajurit TNI dan PNS Kesrem di Lhokseumawe, Sabtu.

Komandan Detasemen Kesehatan Iskandar Muda (Dandenkesyah IM 04.01Lsw) Letkol Ckm Wawan Supandi, SKM, S.Kep, M.Kes mengatakan bahwa Akreditasi terhadap rumah sakit merupakan pengakuan terhadap RS yang diberikan oleh lembaga independen didalam pemenuhan standar pelayanan Rumah sakit dan menjaga mutu pelayanan secara berkesinambungan.

"Adapun tujuan dari akreditasi ini adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan, meningkatkan keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat, sumber daya manusia rumah sakit sebagai institusi serta mendukung program pemerintah di bidang kesehatan," jelasnya.

Ia menambahkan berdasarkan Permenkes Nomor 12 tahun 2012, menyatakan bahwa setiap rumah sakit harus terakreditasi, sehingga akan mendapatkan pengakuan dari pemerintah karena telah memenuhi standar pelayanan dan managemen yang ditetapkan.

Sedangkan tugas pokok Denkesyah sesuai PERKASAD Th 2014 menyelengarakan dukungan kesehatan dan pelayanan kesehatan kepada prajurit TNI, PNS dan keluarganya di Wilayah Korem 011/Lilawangsa, khusus untuk pelayanan pengobatan prajurit dilakukan oleh Rumah Sakit Tingkat-IV 07.01 Lhokseumawe.

"Oleh sebab itu, rumah sakit harus melaksanakan standar-standar diantaranya Standar oprasional prosedur, pelayanan medis, standar asuhan keperawatan," ucap Dandekesyah.

Sementara Ketua Tim surveior dr. Tini Sekarwati, MM mengatakan bahwa pihaknya melakukan survey verifikasi yang ke-2 di Rumah Sakit Kesrem TNI-AD Tingkat IV Lhokseumawe.

"Rumah sakit Kesrem sudah sangat baik, perbaikan-perbaikan yang ada sudah sesuai standard, kita juga sudah mengecek untuk Snars yaitu diantaranya KRS, PMKV, MMK, Program Nasional MIMM," lanjutnya.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019