Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh menyatakan jumlah peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) telah memenuhi kuota kecuali untuk peserta tunanetra sebanyak 19 orang.

“Jumlah peserta yang telah mendaftar penuh dan kalau ada yang mau mendaftar maka baru bisa untuk gelombang ke dua yang akan dimulai dari 25 Maret sampai 1 April 2019,” kata Kepala Humas Unsyiah, Chairil Munawir di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan jumlah kursi yg disediakan gelombang pertama adalah 8.580 peserta, yang udah terisi sebanyak 8.561 dan terdata satu peserta tunanetra atau masih ada sisa 19 kursi.

“Artinya, kalau ada peserta dari tunanetra masih tersedia sekitar 19 kursi lagi,” katanya.

Ia mengatakan Tes gelombang pertama UTBK akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu dari 13 April sampai 4 Mei 2019 di laboratorium komputer Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh.

Ada pun untuk mekanisme ujian tersebut dibagi dalam dua sesi yakni pagi dan siang dengan jumlah peserta setiap ujian bervariasi dari 790, 850 sampai dengan 930 peserta.

UTBK adalah ujian masuk perguruan tinggi yang dilakukan secara elektronik menggunakan perangkat komputer. Ujian tersebut wajib diikuti setiap calon mahasiswa peserta SBMPTN dan nilai UTBK menjadi syarat utama. 

Proses tersebut diawali dengan proses pendaftaran yang dibagi dalam dua gelombang yakni 1-24 Maret 2019 gelombang pertama dan gelombang kedua 25 Maret hingga 1 April 2019.

Chairil menyebutkan Unsyiah pada tahun akademik 2019 akan menerima sebanyak 2.824 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019