Jakarta, 11/3 (Antaraaceh) - Aceh bersama lima provinsi lainnya bertaruh berebut untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020.
Kelima provinsi lainnya itu meliputi Sumatera Utara, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Selatan dan Papua, kata Sekretaris KONI Papua, Yusuf Yambeyabdi kepada Antara di sela-sela rapa kerja KONI di Jakarta, Selasa.
Ia mengatakan, keenam provinsi akan mempresentasikan kesiapannya sebagai tuan rumah secara bergantian dimulai dari Aceh dan yang terakhir Papua.
Setelah selesai pemaparan tentang kesiapan masing-masing provinsi kemudian akan diumumkan tiga besar calon tuan rumah.
Menurutnya, Papua sendiri saat ini sudah mendapat dukungan 40 suara dari 95 suara yang diperebutkan dari KONI se Indonesia dan cabang olahraga.
Dengan demikian Papua sudah lolos dalam tiga besar namun masih menunggu dan berharap mendapat urutan pertama.
"Bila mendapat urutan pertama maka sudah dapat dipastikan Papua menjadi tuan rumah PON 2020," kata Yusuf yang juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan Papua.
Ketika ditanya tentang kesiapan jika menjadi tuan rumah, Sekretaris KONI Papua itu menegaskan, pemrov dan masyarakat sudah siap untuk menjadi tuan rumah.
"Kami akan melengkapi dan membangun venues di kota-kota yang sudah ditunjuk untuk menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga tertentu," katanya.
Tercatat lima kota yang disiapkan menjadi lokasi pertandingan yakni Jayapura, Biak, Timika,Merauke dan Wamena, jelas Yusuf.

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014