Harga cabai merah meroket berkisar antara Rp55.000 hingga Rp60.000 dari sebelumnya hanya Rp25.000 per kilogram di pusat perdagangan sayur mayur Lambaro, Kabupaten Aceh Besar, menjelang puasa Ramadhan 1440 Hijriah.

Fitri, salah seorang pedagang yang dijumpai di Pasar Lambaro, Rabu menjelaskan, kenaikan harga cabai merah itu terjadi sejak sepekan terakhir dan hari kembali naik disebabkan berkurangnya pasokan dari daerah sentra produksi yakni Aceh Tengah dan Bener Meriah.

"Sejak beberapa pekan ini cabai merah berangsur naik dari hari ke hari, dari sebelumnya Rp25.000 per kilogram. Kalau cabai rawit masih stabil yakni Rp25.000 sampai Rp30.000 per kilogram," katanya menjelaskan.

Selain cabai merah, harga bawang putih juga naik drastis dalam beberapa pekan terakhir disebabkan pasokan berkurang. Kini harga bawang putih berkisar antara Rp50.000-Rp60.000 per kilogram.

Sementara harga bawang merah juga mengalami kenaikan tajam yakni berkisar antara Rp35.000 hingga Rp40.000 per kilogram. Kenaikan bawang merah itu juga disebabkan berkurangnya pasokan, sedangkan permintaan meningkat menjelang puasa Ramadhan, kata Saiful, pedagang lainnya di Pasar Lambaro.

"Kami memperkirakan harga cabai merah, bawang dan sayur mayur.lainnya akan bergerak naik sehubungan meningkatnya permintaan menjelang bulan puasa tahun ini,"  katanya menjelaskan.

Selain itu, harga telur ayam juga mengalami kenaikan drastis dalam beberapa hari terakhir yakni menjadi Rp39.000 sampai Rp40.000 per lemping (isi 30 butir) atau berkisar Rp1.500 per butir ditingkat pedagang eceran.

Masyarakat berharap pemerintah dapat menekan harga kebutuhan pokok, terutama menjelang atau pada saat puasa Ramadhan tahun ini.

"Harapan kami, harga bisa kembali turun. Tingginya harga itu membuat kita susah dalam mengatur keuangan rumah tangga sedangkan pendapatan tidak bertambah," ujar ibu rumah tangga, Nurhayati.

Pewarta: Azhari

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019