Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Dr Gunawan menyatakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2019 akan digelar pada Selasa, 28 Mei 2019.

 

"Kami minta kepada seluruh peserta untuk melihat lokasi dan ruang ujian sehari sebelum pelaksanaan ujian, sehingga para peserta dapat mengikut ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," katanya di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan UM-PTKIN akan dilaksanakan pada 28 Mei 2019, serentak di seluruh Indonesia dan jumlah peserta yang akan mengikuti ujian di kampus UIN Ar-Raniry sebanyak 4.105 orang.

"Jumlah peminat UIN Ar-Raniry melalui jalur UM-PTKIN tahun 2019 mencapai 13.386 orang di seluruh Indonesia dan yang memilih lokasi ujian di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebanyak 4.105 peserta," katanya.

Menurut dia, sehari sebelum penyelenggaraan ujian, panitia akan memberikan informasi dan mengarahkan para calon peserta yang akan melihat lokasi termasuk juga kepada peserta berkebutuhan khusus.

"Khusus untuk peserta berkebutuhan khusus, panitia juga menyiapkan panitia khusus," katanya.

Warek I UIN Ar-Raniry tersebut juga mengingatkan kepada calon peserta agar pada hari ujian berlangsung agar tidak ada lagi yang tidur setelah sahur, sebab ujian akan dimulai pada pukul 07.00 WIB untuk kelompok IPS dan IPC, serta pukul 08.30 WIB  kelompok IPA.

"Kami berharap para peserta datang lebih cepat, jika telat datang 30 menit saja maka tidak diperbolehkan lagi masuk ruang ujian. Bagi yang di luar daerah juga dapat mengkondisikan, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan,"katanya.

Kepala Bagian Akademik, Fadhli menyebutkan, lokasi tes UM-PTKIN di Lingkungan UIN Ar-Raniry tersebar di 14 titik yakni seluruh gedung fakultas serta gedung PTIPD dan Perpustakaan.

"Panitia juga akan menyiapkan petunjuk arah, mengingat lokasi yang banyak dan jumlah peserta mencapai empat ribu orang," katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019