KONI Aceh menaruh harapan kepada cabang olaraga beregu rugby untuk bisa lolos ke PON XX/2020 Papua sekaligus meraih medali.

Rugby (mirip permainan sepakbola, asal Inggris) saat ini menjadi salah satu cabang olahraga beregu andalan bagi Aceh di Pra PON untuk lolos ke PON Papua.

"Rugby harus bisa meraih peringkat ke empat Pra PON untuk bisa lolos dan dikirim bermain di PON Papua," harap Sekrtaris Umum KONI Aceh, M Nasir Syamaun MPA pada buka puasa bersama yang diadakan Pengurus Provinsi Persatuan Rugby Union Indonesia (Pengprov PRUI) di Jala Cafe, Lhong Raya, Banda Aceh, Kamis (23/5).

Harapan tersebut berasalan, mengingat Rugby memiliki potensi untuk lolos PON karena saat ini ada enam pemain Aceh terdiri tiga putri dan tiga putra (masing-masing hampir satu regu - satu regu tujuh pemain) ditempa di pemusatan latihan nasional (Pelatnas) tim nasional Indonesia yang dipersiapkan ke SEA Games XXX di Manila November 2019.

Enam atlet rugby Aceh yang saat dibina di Pelatnas terdiri tiga putra yakni Febri M Sani, Munzahar, Ramdan Atika dan tiga putri yaitu Frilyanti Chairunisa, Sartinah dan Rini Fauza.

"Usahakan Regu Rugby Aceh bisa meraih peringkat ke-empat di Pra PON, kalau bisa dapat emas lebih bagus," pintanya kepada para atlet rugby.

Disebutkan, Pra PON Rugby akan digelar di Bali, Agustus 2019. Peringkat 1-5 lolos ke PON Papua.

Ketua Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) KONI Aceh, Bachtiar Hasan, dalam kesempatan tersebut juga memberikan motivasi kepada para pemain untuk berlatih lebih serius dan maksimal menjelang bertanding di Pra PON, sehingga bisa lolos ke PON Papua bisa tercapai.

Bachtiar berharap, para pemain tidak hanya meningkatkan kemampuan fisik, tetapi kecepatan dan teknik bermain.

Pada buka bersama itu, Bidang Kesehatan Pelatda KONI Aceh, dr Soraya Karlita Putri menyampaikan tentang kesehatan dan suplemen bagi atlet rugby Aceh yang dipersiapkan ke Pra PON.

Sementara Ketua Umum Pengprov Rugby Aceh, Ir P P Andry Agung MM menyebutkan, selama ini terus berusaha mempersiapkan para pemain putra dan putri untuk menghadapi Pra Pra PON.

Buka puasa bersama yang dihadiri para atlet rugby putra dan putri, pelatih dan pengurus juga sebagai ajang silaturrahmi.

 

Pewarta: Heru Dwi S

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019