Kunjungan wisatawan domestik mengalami peningkatan pada libur panjang lebaran Idul Fitri 1440 Hijrah ke Kota Sabang, Provinsi Aceh dan mereka mulai memadati sejumlah objek wisata bahari. 

"Hari ini kunjungan wisata domestik meningkat ke Sabang, dan para pelancong tersebut sudah memadati sejumlah destinasi wisata bahari," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang, Faisal di Banda Aceh, Kamis. 

Kunjungan wisatawan domestik tersebut kata dia berdampak pada hunian kamar dan informasi yang pihaknya terima, sejumlah kamar hotel dilokasi wisata atau pantai sudah penuh.

"Untuk malam ini dan malam besok sudah penuh kamarnya bang," kata petugas reception (penerima tamu) 
 Casanemo Resort di Sumur Tiga, Ie Meulee, Sabang. 

Kepala UPTD Pelabuhan Balohan, Sabang, Agustiar juga mengaku, terjadi peningkatan penumpang sejak kemarin hingga dini hari yang hendak menyeberang ke daratan (Banda Aceh). 

"Terjadi peningkatan penumpang yang menyeberang ke daratan dan yang datang pun terlihat meningkat. Meningkatnya sekitar 30-35 persen dari hari biasanya," kata dia. 

Sebanyak dua kapal ferry melayani penyeberangan dari, Sabang - Banda Aceh dan sebaliknya yakni, KMP BRR dan KMP Tanjung Burang.

Jadwal penyeberangan kapal roll on – roll off (Ro-Ro) tersebut dari, Pelabuhan Balohan, Sabang, dan Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh masing-masing melayani empat trip hari ini yakni, Trip I pukul 07:30 Wib dan Trip II pukul 10:30 Wib, trip ke tiga pukul 14:30 Wib dan trip IV pukul 16:00 Wib. 

KMP BRR berukan 911 grose tonnage (GT) menampung penumpang sebanyak 450 orang dengan muatan mobil campuran 25 unit serta 100 unit motor itu beroperasi melayani penumpang dan barang dari Banda Aceh ke Sabang, pascatsunami menghantam perairan Aceh pada 26 Desember 2004.

Sedangkan, KMP Tanjung Burang yang berukuran 507 grose tonnage (GT) hanya mampu mengangkut penumpang sebanyak 200 orang dan mobil campuran 15 unit, ditambah sepeda motor roda dua 50 unit.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019