Wakil Bupati Aceh Utara, Provinsi Aceh, Fauzi Yusuf menyerahkan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung yang melanda wilayah tersebut beberapa waktu lalu.

Penyerahan bantuan kepada warga yang tempat tinggalnya terkena angin puting beliung tersebut diserahkan secara simbolis di Gampong (desa) Cot Paya, Kecamatan Baktiya Barat, Rabu.

Adapun bantuan yang diberikan antara lain, sembako dan bahan sandang dan perlengkapan kebutuhan sekolah anak-anak.

Sedangkan bantuan dari Pemerintah Aceh juga ikut memberikan bantuan berupa bahan bangunan seperti seng, kayu, papan dan paku.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah menyebutkan, bahwa jumlah rumah yang menjadi korban angin puting beliung sebanyak 41 unit yang tersebar di empat kecamatan dalam wilayah Aceh Utara.

Sebutnya, di Kecamatan Seunuddon, yakni Gampong Matang Anoe 1 rumah, Cot Kafiraton 5 rumah, Matang Jeulikat 2 rumah. Di Kecamatan Baktiya Barat, Gampong Cot Paya 11 rumah, Pucok Alue Buket 3 rumah, Matang Teungoh 2 rumah, Singah Mata 1 rumah, dan Matang Panyang 1 rumah.

Selanjutnya di Kecamatan Simpang Keuramat, Gampong Alue Badee 1 rumah dan 1 kantor geusyik, Keude Simpang Peut 11 rumah, Paya Leupah 2 rumah. Sedangkan di Kecamatan Tanah Jambo Aye kerusakan 1 unit rumah penduduk di Gampong Matang Jurong, jelas Kepala BPBD Aceh Utara tersebut.

Wakil Bupati Aceh Utara dalam arahannya mengatakan, bahwa bantuan yang diserahkan tersebut, menunjukkan adanya keseriusan pemerintah daerah terutama pihak Pemprov Aceh yang secara cepat dan tanggap terhadap bencana alam yang menimpa masyarakat.

Tambah Fauzi, Aceh Utara termasuk daerah rawan bencana terutama bencana banjir yang sering terjadi. Oleh karena itu, selain mewaspadai bahaya dan dampak bencana, juga diharapkan terus membangun kordinasi yang intens dengan pihak-pihak terkait agar setiap persoalan dapat tertangani dengan baik.

“Kepada masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam, untuk sabar dan tawakal, karena setiap bencana yang didatangkan Allah SWT pasti terdapat pelajaran dan iktibar sebagai tuntunan dalam menjalani kehidupan ini,” ucap Wakil Bupati Aceh Utara tersebut.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019