Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar melakukan fogging di Gampong/desa Lamcok Kecamatan Lhoknga guna mencegah penyebaran demam berdarah dengue (DBD) yang saat ini sudah terjadi lima kasus di gampong itu.

Fogging ini dilakukan sesuai dengan hasil laporan yang disampaikan masyarakat ke Puskesmas berdasarkan hasil laboratorium dan penyelidikan epidemiologi,” kata Kabid Pencegahan Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Aceh Besar, Iskandar Shani di Lamcok, Rabu.

Di sela-sela fogging di Gampong Lamcok, ia menjelaskan lima warga di gampong tersebut positif menderita penyakit demam berdarah dan satu di antaranya masih dirawat di Rumah Sakit.

Ia menyebutkan fogging dilakukan di tiga titik yang tersebar di dusun Blang Silhok, Mon Jeupang dan Glee Naleng dalam upaya antisipasi penyebaran DBD di gampong itu.

Menurut dia yang turut didampingi Rita Azmi bagian P2P Puskesmas Kecamatan Lhoknga, jarak nyamuk terbang mencapai radius sekitar 100 meter sehingga fogging dilakukan di tiga titik terutama di kawasan rumah warga yang terkena DBD.

Pihaknya menurunkan sebanyak lima personel untuk melakukan fogging di Gampong Lamcok Kecamatan Lhoknga.

Ia menyebutkan jumlah kasus DBD di kabupaten itu dari Januari sampai Juni sebanyak 77 kasus dengan jumlah lokasi fogging di 43 titik.

Pihaknya berharap masyarakat dapat melaporkan kepada Puskesmas di setiap kecamatan terkait adanya kasus DBD yang diderita warga setempat berdasarkan hasil laboratorium yang diterbitkan rumah sakit kepada pasien yang dinyatakan positif penyakit tersebut.

 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019