Komisi Independen Pemilihan (KIP) melalui Rapat Pleno Terbuka menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRK Aceh Jaya periode 2019-2024 di Gedung DPRK setempat di Calang, Selasa.

Rapat tersebut seyogiyanya pada 3 Juli 2019, namun ditunda dan ditetapkan pada 22 Juli 2019 usai dikeluarkannya keputusan MK.

"Pelaksanaan penetapan perolehan kursi partai politik serta calon terpilih anggota DPRK pada Pemilihan Umum tahun 2019. Dalam pelaksanaan penetapan pada hari ini tidak adanya gugatan di MK," tutur Izwar, Ketua KIP Aceh Jaya.

Pemilihan tahun ini, lanjutnya, berjalan dengan lancar dan tentu sebagaimana harapan. Jumlah partai politik yang ikut serta dalam pesta demokrasi berjumlah 13 partai.

Baca juga: Ini nama-nama anggota DPRK Abdya periode 2019-2024

"Kami juga sangat berterimkasih atas partisipasi semua pihak dan TNI/Polri, sehingga Pemilihan Umum yang telah berlangsung dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita bersama,” tutur Izwar.

Hendri Gunawan, Ketua Devisi Teknis KIP Aceh Jaya mengemukakan jika dari jumlah pemilih sebanyak 61.000 orang, antusias masyarakat untuk memilih mencapai 87 persen.

"Sesuai dengan hasil rekapitulasi, partai yang memperoleh kursi antara lain, PA 7 kursi, Golkar 3 kursi, Demokrat 2 kursi, PNA 3 kursi, PDA 2 kursi, PAN 1 kursi, Gerindra 1 kursi dan PPP memperoleh 1 kursi, dari jumlah 20 kursi di DPRK Aceh Jaya," katanya.

Daftar anggota DPRK terpilih pada Pemiliham Umum tahun 2019 di Aceh Jaya;

Dapil 1
1. Aizuddin Partai Golkar
2. Hanasri Partai Demokrat
3. Safwandi Partai Aceh
4. Fitri Maya Lisa Partai Aceh
5. Muhammad Diah Partai Aceh
6. Marwan Basyah PNA

Dapil 2
1. Ayudi Ilham Partai Golkar
2. Mawardi Wahid Partai Aceh
3. Dasril A Rahman PDA
4. Irwanto NP PNA

Dapil 3
1. Amiruddin Z PPP
2. Muslim PAN
3. Muhammad Ali Partai Aceh
4. Syamsudin Yahya PDA
5. Hazami PNA

Dapil 4
1. Fitra Ahyar. Partai Gerindra
2. Teuku Asrizal Partai Golkar
3. Azhar Partai Demokrat
4. Muslem D Partai Aceh
5. Usman ID Partai Aceh

Hadir dalam kesempatan tersebut juga turut hadir, Kapolres Aceh Jaya AKBP Eko Purwanto, Wakil Bupati Tgk Yusri S, Sekda Mustafa Ibrahim, Wakil Ketua DPRK Teuku Asrizal dan sejumlah anggota DPRK terpilih serta pimpinan Partai Politik.

 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019