Pelayanan pembuatan data kependudukan seperti KTP elektronik, kartu keluarga, kartu indentitas anak serta sejumlah administrasi lainnya sepanjang Senin (5/8) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat terganggu.

Hal ini diduga terjadi akibat pemadaman listrik yang terjadi di Jakarta sehingga berdampak pelayanan data kependudukan di daerah.

"Memang sepanjang Senin pelayanan data kependudukan terganggu karena sistem komputer yang melambat, kami menduga hal ini terjadi karena dampak padam listrik di Jakarta," kata Kadisdukcapil Aceh Barat, M Yusuf kepada ANTARA, Senin sore di Meulaboh.

Menurutnya, keberadaan server data kependudukan tersebut berada di Ibukota Jakarta sehingga dengan kejadian padamnya listrik, diduga hal ini berdampak ke daerah khususnya pelayanan administrasi kependudukan.

Meski terjadinya pelambatan koneksi, M Yusuf mengaku masyarakat yang membutuhkan pelayanan tetap dapat dilayani dengan baik dan bersedia menunggu meski membutuhkan waktu yang sedikit lama.

Ia mengakui pelayanan pembuatan data kependudukan di Aceh Barat tetap normal meski banyak warga yang tidak bisa dilayani karena gangguan tersebut.

"Kita berharap gangguan koneksi ini segera teratasi," harapnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019