Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyatakan kondisi Jamaah Haji Aceh dalam kondisi sehat dan aman di Makkah, Arab Saudi.

“Alhamdulillah jamaah kita (Aceh) dalam kondisi sehat dan baik-baik saja. Bahkan pada saat kondisi cuaca hujan itu, jamaah kita tidak mengurungkan niatnya berangkat ke lokasi jamarat yang berjarak 3 KM dari tenda pemondokan,” kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Muhammad Nasril di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan untuk memberikan informasi terkini kepada keluarga dan masyarakat Aceh sesuai laporan yang diterima dari petugas Kloter 8, H. Rusli, yang mendampingi jamaah Aceh.

Ia menjelaskan pelemparan jamarat untuk hari ketiga dijadwalkan akan berlangsung bakda dhuhur dan juga ada pagi.

Menurut dia secara umum khususnya Jamaah Aceh dalam keadaan sehat dan aman. Sebagian jamaah yang sudah melakukan pelemparan jamarat, saat ini sedang istirahat di tenda memulihkan kondisi fisik.

Baca juga: Pegawai Pemko Banda Aceh kurban 100 ekor

“Secara umum Alhamdulillah Jamaah Aceh dalam keadaan sehat walafiat. Pantauan petugas di posko ada beberapa orang yang batuk dan flu. Bakda dhuhur nanti mereka akan melontar jamarat untuk hari ketiga,” katanya.

Nasril mengatakan, keluhan jamaah Aceh yang mendominasi saat ini hanya lemas akibat kelelahan fisik pasca kembali dari Jamarat seperti batuk,nyeri tenggorokan, dan pilek.

“Mereka yang telah kembali dari jemarat sekarang sedang istirahat untuk memulihkan kondisi badan. Istirahat cukup, makan dan minum yang baik. Mohon doanya untuk semua jamaah kita agar sehat dan menjadi haji mabrur,” katanya.

Selain itu ia mengatakan, saat ini juga Ada beberapa jemaah haji Aceh yang di rawat di RS Arab Saudi, KKHI Makkah dan juga di rawat di tenda.

Sementara ini, rata rata jemaah haji Aceh mengambil Nafar Tsani, Nafar Tsani atau Nafar Akhir ini, yaitu keberangkatan jamaah haji meninggalkan Mina pada tanggal 13 Zulhijah setelah melontar Jumrah Ula, Wustha dan Aqabah. Sedangkan yang mengambil nafar awal, hari ini jamaah kembali ke penginapan di Mekkah.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019