Sebanyak 121 personel Polri yang bertugas di jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Aceh dibekali dengan berbagai keterampilan menjelang purnabakti atau pensiun.

Pembekalan keterampilan yang digelar di Banda Aceh, Rabu, dibuka secara simbolis Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah. Pembekalan turut dihadiri para pejabat utama Polda Aceh.

Personel Polri yang mengikuti pembekalan menjelang purnabakti mulai dari perwira menengah, perwira menengah, bintara, serta pegawai negeri sipil yang bertugas Polda Aceh.

Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah mengatakan, masa pensiun merupakan suatu keniscayaan bagi semua personel Polri, sehingga hal ini perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. 

"Bagi sebagian anggota Polri,  masa pensiun adalah masa yang rentan, baik secara fisik maupun mental, sehingga perlu dilakukan persiapan-persiapan yang matang bagi yang akan memasuki masa purna tugas tersebut," kata Brigjen Pol Supriyanto Tarah.

Jenderal bintang satu tersebut menambahkan, pensiun atau purnabakti bukan berarti berhenti berkarya. Namun justru menjadi babak baru dalam mengembangkan minat, bakat, hobi dan rencana-rencana yang tidak terealisasi pada saat bertugas. 

Wakapolda mengharapkan pembekalan dapat membuka wawasan personel Polri menjelang purna tugas untuk memilih alternatif aktivitas dan peluang usaha dalam mengisi masa pensiun, sehingga tetap produktif dan memiliki pendapatan finansial memadai.

"Pembekalan ini dapat menjadi modal berharga dalam membangun jiwa kewirausahaan dan kemandirian di tengah-tengah masyarakat sekaligus menjadi tauladan bagi masyarakat lainnya setelah tidak lagi berdinas di kepolisian," pungkas Brigjen Pol Supriyanto Tarah.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019