PT Mifa Bersaudara mengerahkan ratusan karyawan beserta para mitra kerja untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan World Clean Up Day (WCD) yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (21/9).

Para karyawan dibagi atas dua kelompok dimana sebanyak 67 orang ikut membersihkan sampai plastik bersama pemerintah dan masyarakat, dan sekitar 100 orang lainnya membersihkan ceceran sampah plastik dan non-organik di wilayah pantai pelabuhan operasional perusahaan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu awal yang baik untuk mengurangi limbah plastik di bumi kita," kata General Manager Operation PT Mifa Bersaudara Adi Risfandi didampingi CSR & Corporate Communication Manager Azizon Nurza kepada ANTARA, Minggu.

Pihaknya menegaskan sangat berkomitmen mendukung berbagai kegiatan atau kampanye dalam menjaga dan merawat lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

"Kita beroperasi disini dengan membawa moto "mining with care for nature", dimana kami berkomitmen untuk melakukan operasional pertambangan dengan konsep ramah lingkungan dan sesuai dengan azas-azas good mining practise yang selama ini kami kampanyekan", kata Adi menambahkan.

Sejak tahun 2018 lalu, pihaknya telah mengkampanyekan di internal perusahaan untuk mengurangi penggunaan plastik di area kerja. 

Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan melakukan inisiatif tidak membeli botol-botol, gelas, dan piring plastik untuk penyediaan minuman serta penyediaan makanan.

"ini merupakan salah satu komitmen kami dalam mengurangi penggunaan plastik yang saat ini menjadi salah satu masalah lingkungan di bumi kita selama ini, semoga gerakan akksi bersih-bersih terbesar di dunia ini menjadi budaya yang harus kita tanam dalam diri masing-masing," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DLHK Aceh Barat Mulyadi, SHut pada kegiatan WDC ini mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada PT Mifa dan beberapa perusahaan lainnya yang telah berpartisipasi dan mendukung kesuksesan acara ini. 

Dukungan dan partisipasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dalam rangka kampanye mengurangi penggunaan dan limbah sampah plastik khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

"Kegiatan WDC hari ini melibatkan semua komunitas, pemerintah, perguruan tinggi, dan berbagai perusahaan BUMN & swasta serta masyarakat dengan mengumpulkan berbagai sampah plastik yang nantinya akan direkap terlebih dahulu dan akan menjadi laporan kita atas gambaran keikutsertaan berbagai elemen masyarakat dalam kegiatan WCD ini", kata Mulyadi.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019