Personil Kodim 0103/Aceh Utara sudah memulai pelaksanaan kegiatan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 di Desa Plu Pakam, Kecamatan Tanah Luas, Sabtu (26/9).

Pra TMMD yang dihadiri Danramil 24/Nibong, Kapten Czi Teguh, Pasiter Kodim 0103, Kapten Chb Edi Wijaya dan masyarakat desa setempat bertujuan agar TMMD dapat terlaksana sesuai dengan rencana.

Baca juga: TMMD Aceh Barat penawar sejarah konflik bersenjata

Danramil Kapten Czi Teguh mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan fisik berupa pembangunan jalan.

"Sekarang kita datangkan alat berat untuk memulai pekerjaan berupa pembersihan dan penimbunan jalan," ujarnya.

"Kita sudah melakukan berbagai persiapan untuk kegiatan Pra TMMD ini, mulai melakukan pembersihan jalan dan penimbunan jalan dari titik nol dengan melakukan tebang baying," ungkap Kapten Teguh.

Baca juga: Satgas TMMD bangun jembatan di pedalaman Aceh Timur

Lebih lanjut, ia mengatakan, program TMMD adalah salah satu wujud operasi bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah non departemen dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya, kegiatan tersebut dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

"Ini juga guna meningkatkan pembangunan di daerah, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana," pungkasnya.

Program TMMD merupakan agenda dari TNI dalam rangka mewujudkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang guna menciptakan Kemanunggalan TNI dengan rakyat yang kuat dan membantu program pemerintah daerah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019